Kriminal

Bermodalkan Foto Polwan Cantik di FB, Pria Ini Tipu Korban Belasan Juta

Fani Fadillah - 15/02/2019 13:37

Beritacenter.COM - Abdul Malik Amri (23) pelaku penipuan jual beli mobil dan motor melalui Facebook diciduk polisi. Dalam menjalankan aksinya, pelaku menipu korban dengan memasang menggunakan foto profil polwan cantik Bripda Sandhy Ayu yang bertugas di Sepolwan Ciputat.

Penipuan ini telah dijalankan pelaku sejak tujuh bulan lalu termasuk dengan tujuh kali berganti nama akun. Namun aksinya terhenti usai diamankan polisi pada 29 Januari 2019 lalu.

Baca juga:

Dia kemudian menawarkan mobil dan motor bekas berbagai merek dengan harga jauh lebih murah dari harga jual pada umumnya. Misalnya, mobil Toyota Avanza tahun 2015 masih mulus dia jual Rp 25.500.000. Sepeda motor Ninja R tahun 2015 masih mulus dijual Rp 5 juta.

"Ini terungkap saat tim siber melakukan patroli online. Ditemukanlah akun-akun itu, ada polwan jual motor dan mobil dengan harga tidak normal. Setelah ditelusuri identitas Polwan itu melalui saluran telepon, Polwan ini menepis kalau dia lakukan bisnis jual beli itu. Tim kemudian ke Jakarta menemui langsung Bripda Sandhy Ayu Putri ini dan mengorek keterangan. Terungkap kalau dia jadi korban, fotonya dimanfaatkan untuk menipu dan polwan ini tidak ada sama sekali hubungannya dengan pelaku," jelas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, dalam jumpa pers di Mapolda Sulawesi Selatan, Jumat (15/2).

Demi meyakinkan korbannya, bahkan pelaku juga mencantumkan nomor telepon. Dari semua aksinya, pelaku telah mengantongi Rp 16 juta dari dua korban.

Polisi sudah menyita ponsel dan memori card serta hasil print yang menunjukkan kegiatan penawaran melalui akub FB palsu tersebut. Akibat perbuatannya, buruh kampung Sidrap ini harus berurusan dengan Kepolisian.

"Pelaku disangkakan melanggar pasal 51 ayat (1) jo pasal 35 dan pasal 45 ayat 3 jo 27 (3) UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman pidana penjara 12 tahun, denda Rp 2 miliar," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Penipuan

Berita Lainnya