Kriminal

Gasak Uang Konsumen PDAM, Petugas PDAM Gadungan Diciduk Polisi

Indah Pratiwi Budi - 02/03/2019 15:31

Beritacenter.COM - Adi Suparno (47), warga Asem Jajar, Surabaya, tertunduk malu saat digiring masuk jeruji besi Mapolsek Pakal. Sebab, aksinya selama ini menjadi petugas PDAM gadungan berhasil diendus petugas.

Menurut data yang berhasil dihimpun, ada 60 pelanggan PDAM yang berhasil ditipu, masing-masing korban tersebar di wilayah Pakal dan Benowo Surabaya.

Modus yang dilakukan Adi terbilang berbeda dengan biasanya. Di hadapan para korbannya, Adi mengaku sebagai rekanan PDAM Kota Surabaya, yang bertugas sebagai penagih tarif air PDAM.

Besaran tarifnya pun beragam, mulai dari puluhan ribu, dititipkan korbannya kepada Adi. Namun uang itu tidak disetorkan ke PDAM Kota Surabaya, melainkan ditilap dan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya pribadinya. Adi mengaku uang itu digunakan untuk membayar hutang-hutangnya.

Sementara itu, Kapolsek Pakal, Kompol Subagyo mengatakan, pelaku sudah tiga bulan terakhir melakukan aksinya sebagai petugas PDAM gadungan.

"Pelaku sebenarnya memang seorang rekanan dari PDAM Kota Surabaya, namun semenjak pemutusan kerjasama sejak bertahun-tahun lalu, pelaku tetap nekat menjalankan aksinya itu," tutur Kompol Subagyo.

Agar para pelanggan PDAM tetap percaya, Adi sampai mencetak sendiri besaran tarif penggunaan air, kemudian diserahkan ke para korbannya. Adi hanya perlu menyiapkan laptop, kertas kosong, dan printer saja, kemudian datanya, Adi tinggal mengambil di website resmi PDAM Kota Surabaya.

"Sampai saat ini korban akibat kejahatan Adi mencapai 60 orang dengan kerugian total mencapai Rp 40 juta," tambah Kompol Subagyo

TAG TERKAIT :
Kriminal Penipuan Kasus penipuan Kasus Kriminal

Berita Lainnya