Nasional

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beralih ke MRT dan Tinggalkan Kendaraan Pribadi

Indah Pratiwi - 20/03/2019 03:10

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat ibu kota untuk tinggalkan kendaraan pribadi baik mobil dan sepeda motor dan beralih memakai Moda Raya Terpadu (MRT).

"Terutama untuk penggunaan mobil-mobil pribadi atau sepeda motor, dalam jalur ini kita mengajak agar mulai beralih ke MRT yang sangat nyaman ini," kata Jokowi usai menjajal MRT Bundaran HI-Lebak Bulus Jakarta, Selasa (19/3).

Selain itu, pemerintah, kata Jokowi, telah menyiapkan pembangunan moda transportasi yang menghubungkan wilayah Jabodetabek. Apabila telah terhubung dan proyek MRT selesai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menerapkan Electronic Road Pricing atau jalan berbayar.

"Nantinya kalau sudah semuanya kurang lebih 230 km seluruhnya DKI dan Jabodetabek. Nanti Pak Gubernur DKI akan menerapkan electronic road pricing. Mau tidak mau kita paksa pemilik mobil beralih ke moda raya transportasi ini," jelas Jokowi.

Sebelumnya, MRT Jakarta membuka uji coba publik mulai 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 kilometer itu melawati sebanyak 13 stasiun yang telah disiapkan di Ibu Kota Jakarta.

Ke-13 stasiun itu terdiri dari tujuh stasiun lang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Enam stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI.

Hingga saat ini PT MRT Jakarta dan PT LRT Jakarta tengah rapat bersama Komisi C DPRD DKI Jakarta untuk membahas besaran tarif kedua moda transportasi MRT.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya