Nasional

Hoaks Kian Meresahkan dan Menakutkan, Pelaku Akan Dijerat UU Terorisme

Lukman Salasi - 21/03/2019 12:29

BeritaCenter.com - Menko Polhukam Wiranto mengatakan pemerintah bisa menjerat penyebar hoaks dengan UU Terorisme. Alasannya, hoaks yang disebar jelang pemilu menimbulkan keresahan dan ketakutan masyarakat.

“Terorisme itu kan menimbulkan ketakutan di masyarakat. Kalau masyarakat diancam dengan hoaks untuk tidak ke TPS, itu sudah terorisme. Oleh karena itu kita gunakan Undang-Undang Terorisme,” kata Wiranto usai memimpin rapat koordinasi persiapan keamanan kampanye terbuka Pemilu 2019 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, kemarin.

Berita palsu dinilainya telah membangun opini seakan Pemilu 2019 akan berlangsung tidak aman dan berpotensi terjadi kecurangan. Ia meminta aparat penegak hukum segera mengatasi teror hoaks.

“Segera kita atasi dengan cara-cara tegas, tapi bertumpu pada hukum,” ucapnya.

Wiranto melanjutkan, aparat keamanan dan intelijen telah memastikan kontestasi Pemilu 2019 akan berlangsung aman dan damai. Dia lantas mengajak seluruh masyarakat untuk tidak golput dan tetap menggunakan hak politiknya.

“Ini yang saya kira penekanan akan disampaikan pejabat dari KPU, Bawaslu, BIN, Panglima TNI, dan Kapolri. Sampaikan hal-hal spesifik untuk sinkronkan sinergi upaya mengamankan pemilu yang merupakan agenda reformasi dan agenda demokrasi yang harus kita jaga bersama,” ungkapnya.

Dia memastikan TNI-Polri siap mengamankan Pemilu 2019 dengan menerjunkan 593.812 personel. Wiranto mengatakan pengerahan jumlah personel itu sebagai langkah dan komitmen pemerintah untuk mengamankan pesta demokrasi lima tahunan yang segera diselenggarakan.

Wakil Kepala BIN Letjen TNI Purn Teddy Lhaksmana memastikan pihaknya telah memetakan potensi kerawanan pemilu, termasuk di dunia digital, dan sudah diserahkan kepada Menko Polhukam.

“Terkait masalah kerawanan dan potensinya di dunia digital, sudah dipetakan potensinya dan antisipasinya. Jadi kami berharap proses pesta demokrasi akan berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan,” ungkapnya di tempat yang sama.

TAG TERKAIT :
UU Terorisme Berita Center Menko Polhukam Wiranto Stop Hoax Pemilu 2019 Penyebar hoaks

Berita Lainnya