News

Bawaslu Pastikan Pihaknya Sudah Tegur Pengemudi Mobil Plat TNI di Acara Prabowo

Aisyah Isyana - 22/03/2019 19:49

Beritacenter.COM - Pihak Bawaslu mengaku sudah menerima laporan terkait mobil berplat TNI yang mengangkut logistik di acara capres Prabowo Subianto. Bawaslu memastikan jika pihaknya juga telah menegur pengemudi dan mengantongi identitas pemilik mobil.

Rahmat Bagja, selaku anggota Bawaslu menjelaskan kronologi kejadian terjadi. Menurutnya, kejadian itu terjadi di Tanah Sereal, Bogor. Bagja mengatakan, pihaknya juga sudah menegur pengemudi yang membawa mobil TNI tersebut.

Baca juga :

"Mobil TNI sedang diselidiki dan pelat nomornya pada saat itu kami menemukan, Panwascam Tanah Sereal kejadian di Kota Bogor, menegur yang bersangkutan pakai mobil pelat dinas. Kemudian diganti dengan pelat biasa sehingga kemudian kami masukkan pada laporan pengawasan. Nanti kita tindak lanjut bagaimana penindakannya," kata Bagja di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/3/2019).

Menurutnya, pihak Bawaslu sudah mengantongi identitas pemilik mobil. Bagja sempat mengungkap sosok pemilik mobil yang merupakan purnawirawan, namun tak menjabarkan rinci siapa orang tersebut.

"Masih dalam penyelidikan, jangan, orangnya sedang diproses," katanya.

"Purnawirawan," imbuhnya saat ditanya sosok pemilik mobil.

Dia mengatakan, temuan ini pertama kali diketahui dari laporan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang turut hadir memantau acara tersebut. Menurutnya, Bawaslu saat ini masih terus menyelidiki kasus tersebut.

Sebagaimana diketahui, polemik ini bermula dari tersebarnya video berdurasi 1 menit yang menampakkan mobil Mitsubishi Pajero membawa logistik. Terdapat beberapa orang yang memindahkan logistik itu dari dalam mobil ke ruangan acara.

Di lokasi tersebut terpasang sebuah spanduk bergambarkan Prabowo-Sandiaga dengan tulisan 'Selamat Datang Para Relawan Se Bogor Raya Pada Dialog Kebangsaan'. Mobil jenis SUV itu tampak ada pelat dinas TNI berwarna oranye di bagian depan dan belakangnya.

Menanggapi adanya hal itu, pihak TNI pun telah melakukan pengecekan ke refistrasi Mabes TNI. "Hasil dari pengecekan dari data yang ada di registrasi Mabes TNI, bahwa nomor tersebut betul nomor kendaraan yang ada di Mabes TNI, yang mana nomor tersebut adalah 3005-00," kata Danpuspom TNI Mayjen Dedy Iswanto dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3).

"Namun jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI, yang mana data di registrasi militer, berjenis Mitsubishi Lancer. Mungkin itu yang bisa saya klarifikasi," sambungnya.

Menurutnya, TNI saat ini TNI tengah menelusuri soal berpindahnya pelat dinas untuk sedan Mitsubishi Lancer ke Mitsubishi Pajero tersebut. Dedy mengatakan TNI juga sedang mendalami bila memang ada anggota TNI yang terlibat.

TAG TERKAIT :
Bawaslu Prabowo-Sandiaga Mobil Mabes TNI Diacara Prabowo-Sandi Panwascam

Berita Lainnya