Internasional

Pemerintah Indonesia Sabet Prestasi di Ajang Maritim Korea Selatan

Indah Pratiwi - 15/04/2019 22:02

Beritacenter.COM - Pemerintah Indonesia mendapat penghargaan di Korea Selatan di ajang Asia Pasific Heads of Maritime Safety(APHoMSA) pada pertemuan 20th Session of APHoMSA yang digelar sejak 15-17 April 2019 di Seoul, Korea Selatan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha ditemani oleh Kasubdit Alur Direktorat Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut, Topan Rindoyo menjelaskan bahwa pada Sidang Plenary International Maritime Organization (IMO) Sub Committee Navigation Communication and Search and Rescue (NCSR) ke-6 Markas Besar International Maritime Organisation (IMO), London pada tanggal 16-25 Januari 2019 lalu menyetujui penetapan bagan pemisahan alur laut atau Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok.

“Untuk itu, Indonesia akan melaksanakan kewajiban-kewajiban dalam pengimplementasian penuh TSS di kedua selat tersebut, dalam hal ini IMO terus memonitor pelaksanaan dan implementasinya," ujar Arif saat memaparkan paper Indonesia pada Forum APHoMSA, Senin (15/4/2019).

Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah mempersiapan terkait rencana implementasi TSS Selat Sunda dan Selat Lombok yang kemudian diadopsi di Sidang IMO Maritime Safety Committee (MSC) ke-101 pada Juni 2019 mendatang.

Dalam hal ini, pemerintah Indonesia memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan, antara lain melakukan pemenuhan sarana dan prasarana penunjang keselamatan pelayaran di area TSS yakni Vessel Traffic System (VTS), Stasiun Radio Pantai (SROP), Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP). Bukan itu saja, selain itu alat elektronik terkini demi memastikan operasional dari perangkat-perangkat penunjang keselamatan pelayaran tersebut selama 24 jam.

"Atas dasar itulah, Indonesia berharap dalam forum ini dapat berbagi pengalaman dan pandangan dari negara-negara yang tergabung dalam Aphomsa terkait penerapan TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok,"tutupnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya