News

Ini Penjelasan Pakar Gestur Soal Ekspresi Sandi Viral di Media Sosial

Indah Pratiwi - 19/04/2019 09:50

Beritacenter.COM - Pakar gestur Handoko Gani angkat bicara mengenai ekspresi yang ditunjukan oleh calon wakil presiden nomor urut 2 yang viral dimedia sosial. Menurutnya, itu bukan disebabkan karena sakit.

"Itu bukan sakit, ekspresi itu adalah ekspresi ketidaksukaan pada sesuatu," kata Handoko saat dihubungi Beritacenter.COM.

Gani menuturkan jika Sandiaga sakit, maka terlihat ada tanda - tanda di anggota tubuhnya. Sandi memang terlihat batuk dan menutup mulutnya dengan lengan, namun menurutnya jika hanya batuk, maka wajahnya tidak sampai kucel seperti itu.

"Dengan muka sekucel itu, harusnya kalau benar beliau hanya sakit, maka sakitnya lebih dari sesekali batuk," jelasnya.

Lagipula imbuhnya, secara raut wajah, apabila ternyata Sandiaga sedang sakit maka tanda itu juga terlihat di sejumlah anggota tubuh seperti mata, kantong mata, garis vertikal di mata ke arah pipi dan sebagainya. Sedangkan kali ini hal itu tidak terlihat.

"Dan beliau tahan berdiri di sana sampai selesai preskon," katanya.

Gani mengatakan itu merupakan suatu ekspresi ketidaksukaan terhadap sesuatu lainya yang terlihat pada Sandiaga pada momen ketika Prabowo dan orang-orang di sekitarnya mengangkat dan mengepalkan tangan di atas kepala. Sedangkan, Sandiaga terlihat hanya mengangkat tangan setinggi dada.

Kendati demikian, ia tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan ketidaksukaan tersebut. "Itu tidak boleh disimpulkan karena kita tidak melakukan interview klarifikasi soal itu," ungkapnya.

Tidak heran banyak warganet yang mengomentari mengenai ekspresi wajah Sandiaga Uno selama mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada deklarasi kemenangan yang digelar di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (18/4).

 

TAG TERKAIT :
Sandi Berita Center Wajah Sandiaga UNO Ekspresi Wajah Sandi

Berita Lainnya