Kesehatan

Ibu Hamil Dilarang Kerja Keras dan Stres Jika Tidak Ingin Kelahiran Seperti Ini

Indah Pratiwi - 10/05/2019 08:10

Beritacenter.COM - Banyaknya kasus kematian dan sakit para petugas Pemilu telah menjadi perhatian publik. Salah satunya seorang perempuan hamil yang mengalami keguguran akibat tekanan besar saat menjadi petugas pemilu.

Koordinator Kajian Pemilu FISIPOL UGM, Dr. Abdul Gaffar Karim saat konferensi pers 'FISIPOL UGM Inisiasi Riset memberikan hasil laporan Kejadian Sakit dan Meninggalnya Petugas Pemilu 2019' di Digilib Cafe FISIPOL UGM, Kamis (9/5/2019).

Saat ini tim riset sedang menyelidiki untuk kasus tersebut terkait penyebab keguguran petugas Pemilu 2019 yang hamil karena tekanan besar selama bekerja.

"Kejadian yang luput diketahui oleh publik bukan hanya sakit dan meninggal. Kami memperoleh 2 informasi bahwa ada perempuan hamil yang sedang bertugas mengalami keguguran karena tekanan yang luar biasa," ujarnya.

Dilansir dari FairyGodBoss, tim ilmuwan dari Tufts University pernah melakukan penelitian tentang kaitannya risiko keguguran dengan tekanan berlebih atau stres.

Secara medis itu dikenal sebagai aborsi spontan. Ketika otak stres akan melepaskan hormon stres yang dikenal sebagai hormon pelepas kortikotropin (CRH). Hormon stres ini diproduksi di plasenta dan rahim wanita hamil yang bisa memicu kontraksi cepat dan berlebihan.

Bahan kimia ini dapat diproduksi tubuh secara khusus menargetkan sel mast yang berlimpah di rahim. Kondisi itulah yang bisa memicu bahan kimia penyebab keguguran.

Wanita hamil merespons stres dan kelelahan, dapat memengaruhi kehamilan dan bahkan mengakibatkan keguguran.

Dilansir HelloSehat, stres pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur dan memengaruhi kesehatan anak setelah lahir.

Menurut Ahli Ginekologi melaporkan bayi merupakan hasil dari gen dan DNA kedua orang tuanya. Oleh karena itu stres dan kelelahan yang dialami ibu, dapat menyebabkan ‘sindrom stres’ juga pada janin yang dikandungnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya