Internasional

Presiden Trump Izinkan Militer AS Gempur Iran, Tapi...

Indah Pratiwi - 21/06/2019 14:32

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat(AS) Donald Trump menyetujui serangan militer terhadap Iran pada Jumat(21/6/2019) sebagai balasan atas jatuhnya pesawat nirawak yang bernilai UD130 juta atau Rp1,8 triliun.

Dilansir New York Times, keputusan Trump itu lalu dibatalkan atau ditarik. Laporan itu disampaikan pejabat senior pemerintah AS yang menyebutkan Presiden Trump awalnya menyetujui serangan terhadap sejumlah radar dan rudal Iran.

"Serangan akan dilakukan sesaat sebelum fajar pada hari Jumat untuk meminimalkan risiko bagi militer Iran atau pun warga sipil," tulis New York Times mengutip pejabat tersebut.

Saat surat izin penyerangan terhadap Iran dikeluarkan, kondisi posisi pesawat tempur dan kapal-kapal perang sudah berada di posisinya. Namun, usai Trump menarik keputusannya, tidak ada yang ditembakan dari pesawat dan kapal perang AS terhadap fasilitas Iran.

Sampai saat ini, belum jelas apa yang menyebabkan Trump berubah pikiran untuk menggempur Iran. Namun, pemimpin Gedung Putih itu sebelumnya menyebutkan bahwa Iran telah melakukan kekeliruan penembakan terhadap pesawat nirawak AS.

 

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya