Politik

Alasan TKN Super Yakin MK Tolak Permohonan Kubu Prabowo-Sandi

Indah Pratiwi - 24/06/2019 07:36

Beritacenter.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin sangat yakin terhadap majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan menolak seluruh permohonan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani menyebutkan, pembuktian Tim Kuasa Hukum Pemohon yang dipimpin Bambang Widjojanto (BW) dinilai sangat lemah. Hal itu bisa dilihat secara substansi atau materi permohonan, sangat tidak meyakinkan dan dinilai terlalu mengada-ada.

"TKN berkeyakinan bahwa insyaallah MK akan menolak permohonan PHPU Pilpres 2019 yang diajukan oleh Tim Kuasa Hukum Paslon 02," kata Arsul di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Dia mencontohkan, bukti-bukti lemahnya gugatan dan pembuktian kubu 02 tentang kecurangan yang disebut terstruktur, sistematis dan masif (TSM), Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi ternyata hanya menunjukkan bukti surat maupun keterangan saksi hanya yang bicara soal kejanggalan-kejanggalan pemilu bersifat sporadis dan lokal saja.

"Dan itu tidak jelas, juga hubungan kausalitasnya dengan perolehan suara paslon 02," kata dia.

Di lain sisi, Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago menegaskan hal yang sama. Dengan mencermati fakta-fakta persidangan, majelis hakim MK diyakni tidak akan mengabulkan permohonan Prabowo-Sandi.

Dia berharap bahwa semua pihak akan menerima putusan MK apa adanya. Terutama bagi kubu Prabowo-Sandi diharapkan untuk legawa menerima putusan tersebut jika MK menolak permohonannya.

Sebelumnya, sejak digelar pada Jumat (14/6/2019), sidang PHPU Pilpres 2019 akan memasuki tahap Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) pada Senin hingga Kamis (24-27/6/2019). Putusan sidang akan dibacakan pada Jumat (28/6/2019) besok.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya