Politik

Jelang Sidang Putusan MK, KPAI : Jangan Libatkan Anak Dalam Kegiatan Politik

Dewi Sari - 27/06/2019 09:44

Beritacenter.COM - Jelang sidang putusan gugatan hasil Piplres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menghimbau kepada seluruh pihak untuk tidak melibatkan anak dalam kegiatan politik.

"Jangan sampai situasi yang perlu perhatian khusus ini kembali melibatkan anak-anak di frontline, laksana martir," kata Komisioner KPAI Jasra Putra, Kamis (27/6/2019).

KPAI menegaskan jangan melibatkan anak dalam urusan kegiatan politik. Jika itu terjadi, anak - anak akan beresiko kehilangan dirinya, keluarga dan masa depan karena berada di dalam situasi psikologis yang tidak menentu.

"Begitu juga kemungkinan anak-anak terlibat menyambut euforia kemenangan atau terlibat dalam aksi protes kekalahan," jelas Jasra.

KPAI mengatakan tugas orang tua, guru maupun keluarga memiliki peran penting dan bertanggung jawab mastikan anak dalam keadaan baik dan aman.

"Untuk itu KPAI akan terus memantau dan mengimbau semua pihak agar menghindari anak-anak dalam penyalahgunaan kegiatan politik," tegas Jasra.

"Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang PA Pasal 15 yang menyatakan setiap anak memiliki hak perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik," pungkasnya.

 

TAG TERKAIT :
Politik Berita Center KPAI Sidang MK Sidang Putusan Gugatan Hasil Pilpres 2019

Berita Lainnya