Kesehatan

Penderita Asam Urat Jangan Coba-coba Konsumsi Gula Jagung

Indah Pratiwi - 08/07/2019 23:10

Beritacenter.COM - Gula jagung memang dikenal memiliki rendah kalori dan menjadi alternatif bagi mereka yang rawan terkena diabetes. Dibalik gula jagung, rupanya menjadi buruk bagi mereka yang memiliki penyakit asam urat.

Dilansir dari blog.arthritis.org, fruktosa merupakan gula alami yang berasal dalam buah dan madu. Sementara gula jagung mengandung fruktosa yang tinggi. Terdiri dari 55 persen fruktosa dan 45 persen glukosa.

Menurut Prof. Peter Simkin dari University of Washington School of Medicine menyebutkan, mengapa jenis gula ini lebih keras pada sendi Anda daripada bentuk lain, seperti glukosa?

"Fruktosa dimetabolisme berbeda dari glukosa," jelas Peter Simkin, MD, profesor kedokteran emeritus di University of Washington School of Medicine divisi Rheumatology.

Dia menambahkan, saat tubuh memecah fruktosa, senyawa kimia yang disebut purin dilepaskan. Kerusakan purin menghasilkan asam urat zat yang membentuk kristal yang menyakitkan di persendian dan menyebabkan penyakit rematik. Hal ini akan membuat kadar asam urat Anda naik.

Bagi mereka yang menderita asam urat, maka wajib menghindari gula jagung. Jadi mereka kini tahu bahwa penderita asam urat dilarang untuk mengonsumsi gula jagung.

Berita Lainnya