Kesehatan

Minum Kopi Bisa Bikin Badan Langsing Lho! Asalkan...

Aisyah Isyana - 10/07/2019 20:10

Beritacenter.COM - Meminum kopi seperti sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang saat ini. Mereka yang sudah ketagihan, bahkan dapat meminum kopi lebih dari sekali sehari. Kopi sudah seperti nutrisi penambah semangat bagi sebagian orang untuk mengawali harinya.

Rasa dan aroma kopi yang khas sejatinya memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, dengan catatan jika dikonsumsi tak berlebihan. Bahkan, beberapa manfaat kopi diantaranya sebagai antioksiodan yang memberi rasa segar hingga membakar lemak dalam tubuh.

Dengan begitu, kopi dapat dikatakan bisa membuat kita langsing. "Nah, bagi yang ingin langsing bisa minum kopi," kata ahli gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat, seperti dilansir viva, Rabu, (10/7/2019).

Kendati bisa membuat langsing, Samuel mengatakan jika efek pelangsingan dari minum kopi tak bisa drastis. Menurutnya, proses pembakaran atau pemangkasan bobot tubuh terjadi secara perlahan.

Adapun kopi yang dikonsumsi pun sebaiknya menggunakan kopi hitam, tanpa gula, susu, dan creamer. Meski dapat menurunkan berat badan, mengkonsumsi kopi diajurkan secukupnya saja, yakni tak lebih dari lima cangkir kopi sehari dan diberi jeda sekitar 3-5 jam saat meminumnya.

Sementara bagi penderita maag dan asam lambung, Samuel menyarankan untuk mengkonsumsi kopi jenis arabica dibanding robusta. Pasalnya, derajat keasaman kopi arabica lebih rendah ketimbang kopi robusta.

Sementara jika Anda merasakan jantung berdebar saat mengkonsumsi kopi, Samuel menyarankan agar aktivitas mengkonsumsi kopi segera dihentikan.

"Itu karena kafein memberi efek stimulan. Orang tertentu yang tak tahan minum kopi akan merasa berdebar. Kalau sudah begitu, sebaiknya jangan minum kopi," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Manfaat Kopi Kopi Hitam Kopi Bakar Lemak Kopi Buat Tubuh Langsing

Berita Lainnya