Kesehatan

Meski Pakai Kontrasepsi Masih Ada Peluang Hamil, Begini Saran Dokter

Fani Fadillah - 11/07/2019 21:26

Beritacenter.COM - Guna mencegah ataupun merencanakan kehamilan, alat kontrasepsi merupakan jalan yang paling efektif. Namun, peluang hamil tak sepenuhnya hilang meski menggunakan kontrasepsi.

"Tiap kontrasepsi pasti masih menyisakan peluang 2-5 persen. Seperti pilek, tidak mungkin mencegah hamil hingga 100 persen. Jika ingin 100 persen tidak hamil bisa dengan sterilisasi," kata dokter ahli kandungan dr Irvan Adenin, SpOG pada Kamis (11/7/2019).

Untuk menjamin efektivitas kontrasepsi, dr Irvan menyarankan konsultasi pada dokter atau bidan sebelum pemasangan alat. Pilihan kontrasepsi sebaiknya sesuai kebutuhan dan keinginan pasangan suami istri.

Selain konsultasi, dr Irvan juga menyarankan kontrol 6 bulan sekali ke dokter atau bidan. Kontrol memastikan alat kontrasepsi bekerja efektif, misal menjamin spiral atau Intra Uterine Device (IUD) tidak nyelip atau pindah posisi.

Saran lain adalah kontrol teratur untuk menjaga kesehatan ibu. Kontrol memastikan ibu selalu sehat, bisa merencanakan kehamilan, dan siap mengandung jika akhirnya diberi keturunan.

TAG TERKAIT :
Alat Kontrasepsi

Berita Lainnya