Kesehatan

Minuman Ini Disinyalir Mampu Tingkatkan Risiko Kanker

Indah Pratiwi - 12/07/2019 01:05

Beritacenter.COM - Minuman manis seperti jus dan mengandung soda disinyalir dapat meningkatkan risiko kanker hingga 18 persen.

Hasil studi menunjukan, 100 ribu orang dewasa di Prancis ini mengaitkan konsumsi minuman manis dengan peningkatan risiko kanker. Segelas kecil jus sebanyak 100 ml atau sekitar sepertiga kaleng minuman bersoda meningkatkan risiko kanker sebesar 18 persen. Selain itu, minuman berpemanis ditemukan meningkatkan risiko kanker payudara hingga 22 persen.

Dalam jurnal BMJ ini menambah deretan studi serupa lain yang mengaitkan risiko kanker dengan kebiasaan minuman berpemanis buatan berpeluang menderita kanker.

"Apa yang kami amati adalah bahwa gula benar-benar memicu timbulnya risiko kanker," ujar penulis utama studi, Mathilde Touvier, yang dilansir CNN.

Hasil studi yang dilakukan Touvier mengatakan bahwa konsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi merupakan faktor risiko obesitas dan diabetes. Pada saat yang sama, obesitas menjadi salah satu pemicu timbulnya kanker.

Hal yang menjadikan zat tambahan dalam minuman berkontribusi menjadi pembentukan kanker. Zat bernama 4-methylimidazole yang ditemukan dalam minuman dengan kandungan pewarna karamel diketahui berperan dalam mengembangkan kanker di dalam tubuh.

Touvier meminta agar masyarakat di dunia tetap menjaga kesehatan yang merekomendasi pembatasan minuman bergula maksimal satu gelas per hari.

Akan tetapi, penelitian ini masih bersifat observasional dan tidak menunjukkan sebab serta akibat.

"Walaupun penelitian tidak menawarkan hubungan sebab akibat antara gula dan kanker, tapi setidaknya ini mendorong kesadaran masyarakat untuk mengurangi jumlah asupan gula," ujar Touvier.

Berita Lainnya