Kesehatan

Awas..! Bahaya Bisul Jika Dipecah Paksa

Anas Baidowi - 12/07/2019 08:11
Ilustrasi

Beritacenter.COM - Sebagian orang menilai bisul adalah penyakit menjijikkan karna mengganggu aktivitasnya. Bisul tumbuh karena aktivitas berdekatan dengan debu dan kotoran.

Bisul adalah benjolan yang berisi nanah dan terasa nyeri, bejolan ini ditimbulkan adanya infeksi bakteri yang memicu peradangan pada area folikel rambut di sekitar area kulit dan tempat tumbuhnya rambut.

Bisul sering timbul dibagian tertentu, diantaranya wajah, leher, paha, bokong hingga ketiak. Selain akibat gesekan, area tersebut juga sering berkeringat hingga membuat debu dan kotoran bersarang di sana. Banyak orang tidak mengetahui jika sebenarnya bisul bisa menular.

Menularnya bisul disebabkan nanah yang dikandung dalam bisul pecah dan menyebarkan bakteri yang disebut stafilokokus. OLeh karena itu jangan memecah bisul dengan paksa.

Memecah bisul dengan paksa selain membuat bakterinya menyebar, proses ini bisa memperparah infeksi dan merusak kulit.

Karenanya para ahli medis menyarankan untuk menunggu hingga bisul tersebut pecah dengan sendirinya. Untuk mengatasi bisul, penderita bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit atau analgesik untuk mengurangi nyeri.

Untuk mengatasi bisul berukuran besar atau karbunkel, biasanya dibutuhkan tindakan oleh dokter. Biasanya dokter akan membedah bisul untuk mengeluarkan nanah. Kadang diperlukan saluran sementara jika nanah tidak dapat dikeluarkan semua, apalagi jika infeksinya cukup dalam.

TAG TERKAIT :
Berita Center Hidup Sehat Bisul Bahaya bisul Cara obati bisul

Berita Lainnya