Kesehatan

Selain Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria, Inilah Manfaat Jahe Merah Jarang Orang Ketahui

Dewi Sari - 12/07/2019 10:53

Beritacenter.COM - Jahe adalah salah satu tanaman rempah yang sehat dan memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia.

Ada 2 jahe yang dapat kita temui di pasar yaitu jahe merah dan jahe putih. Lantas adakah perbedaan dari kedua jahe tersebut? berikut Beritacenter.COM akan merangkumkan untuk kalian semua.

Jahe Merah bisa disebut dengan jahe sunti. Salah satu ciri fisik yang paling ketara dari tanaman rempah satu ini adalah warnanya. Jahe jahe merah atau Zingiber officinale var. rubrum mempunyai kulit rimpang yang berwarna hijau kemerahan dengan bagian dalam yang berwarna merah muda sampai kuning.

Ukuran rimpang jahe merah lebih kecil ketimbang jahe biasa, dan ruasnya pun cenderung rata dan sedikit menggembung. Tak hanya itu, kandungan dan rasanya pun berbeda. Jahe jenis ini mempunyai rasa yang lebih pahit dan pedas dari jahe biasanya karena mengandung minyak astri lebih banyak. Tak seperti jahe biasa, jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan.

Jahe putih bisa disebut dengan jahe gajah atau jahe badak. Jahe jenis ini memiliki rimpang yang besar dan gemuk dengan warna putih kekuningan. Ruas rimpangnya juga lebih menggembung dibandingkan dengan varietas lainnya.

Rasa yang dimiliki jahe putih tidak sepedas jahe merah. Tak harus menunggu hingga tua, Anda bisa sudah bisa diolah sejak usianya masih terbilang muda. Entah itu dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi berbagai panganan dan minuman lain.

Rempah satu ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai obat tradisional di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia, Cina dan Malaysia. Ya, sejak dulu, banyak orang memanfatkan jahe merah untuk mengobati berbagai penyakit.

Berikut 5 manfaat jahe merah untuk kesehatan seperti dilansir darai Everyday Health.

1. Menghangatkan Tubuh

Kandungan rasa pedas dari jahe sangat berguna untuk menghangatkan tubuh agar terasa lebih nyaman di musim hujan.

2. Mengobati Sakit Kepala

Mengandung kamfena, rasa pedas, dan efek hangat, jahe merah sangat ampuh meredakan sakit kepala.

3. Mencegah Inflamasi Usus

Komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.

4. Memperkuat Imunitas Tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat.

5. Mengobati Batuk

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah bermanfaat untuk mengatasi batuk, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Berita kesehatan Jahe Merah

Berita Lainnya