Kesehatan

Mitos Buah Mengkudu Bisa Obati Kanker, Berikut Faktanya..

Aisyah Isyana - 16/07/2019 02:44

Beritacenter.COM - Buah mengkudu memiliki banyak khasiat dan manfaat baik bagi kesehatan manusia. Kendati memiliki bau yang tak sedap dan rasa yang tak enak, buah yang satu ini mengandung khasiat sebagai obat alami yang baik bagi tubuh.

Sudah banyak pula jurnal medis yang mencatatkan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh. Secara keseluruhan, buah mengkudu sendiri memang mengandung banyak gizi lengkap yang dibutuhkan tubuh, yakni protein, vitamin, dan mineral penting.

Baca juga : Minuman Ini Disinyalir Mampu Tingkatkan Risiko Kanker

Salah satu mineral yang penting dalam buah mengkudu, Selenium, merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh. Buah yang memiliki nama ilmiah morinda citrifolia ini juga mengandung mineral yang mampu membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Dari sekian banyak manfaat yang terkandung dalam mengkudu, beredar pula anggapan di masyarakat jika buah ini dapat mengobati berbagai penyakit, bahkan salah satunya kanker. Menjawab kesingpangsiuran informasi itu, dr Lonah SpFK, mengklarifikasi kebenaran dari informasi yang terlanjur beredar di masyakata.

"Rutin mengonsumsi buah mengkudu dapat mengobati penyakit kanker adalah mitos. Yang benar adalah buah mengkudu memang dapat mencegah penyakit kanker, namun tidak bisa mengobati orang yang sudah terlanjur menderita kanker," jelas Lonah seperti dilansir viva.

Lonah pun kemudian menjelaskan bahwa mengkonsumsi mengkudu untuk mencegah penyakit juga harus diimbangi dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Tidak bisa hanya mengonsumsi buah mengkudu saja.

"Dianjurkan mengonsumsi mengkudu dengan dosis harian yang tepat, tidak boleh berlebihan. Sehari tidak boleh mengonsumsi lebih dari 4-5 buah mengkudu. Selain itu, pilihlah buah mengkudu yang sudah lunak dan matang karena manfaatnya lebih banyak," saran dia.

Dia juga menambahkan, ada beberapa orang yang tidak boleh dan tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah mengkudu, yakni di antaranya orang dengan gangguan fungsi ginjal, liver, diabetes, dan ibu hamil.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Kanker Berita kesehatan Mengkudu Mengkudu Obati Kanker

Berita Lainnya