Kesehatan

Inilah 5 Cara Kurangi Resiko Kena Kanker

Dewi Sari - 16/07/2019 06:15

Beritacenter.COM - Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Semua orang dapat tertimpa kanker dan pada semua golongan umur. Biasanya, kanker lebih menyerang pada usia 40an.

Ada beberapa faktor orang dapat terjangkit kanker, mulai dari faktor genetik hingga lingkungan. Namun, tahukah anda kebiasaan sehari hari mungkin dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Berikut 5 cara mengurangi resiko kanker.

1. Hindari asap kendaraan

Bensin, gas buang solar mengandung unsur CO, CO2, HC (hidrokarbon), zat-zat berbahaya ini menjadi pemicu terjadinya kanker pada tubuh manusia. Zat kimia dalam solar merupakan promoting factor (zat promosi) untuk mengaktifkan sel kanker dalam paru-paru atau kulit. Untuk menghindarinya, gunakanlah masker saat berkendara roda dua. Bagi mereka yang merasa sering terpapar dengan asap kendaraan, dianjurkan untuk mengubah kebiasaan hidup seperti memperbanyak olahraga.

2. Kurangi minuman bersoda

Zat 4-methylimidazole (4-MEI) yang memberi warna pada soda adalah bahan berbahaya dan dapat menyebabkan kanker paru-paru dan leukemia jika dikonsumsi secara berlebihan. Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, disarankan untukl mengkonsumsi air putih lebih banyak karena dapat memberikan manfaat ketimbang soda. Air putih bisa meredakan dehidrasi secara instan dan tidak memberikan efek samping.

3. Hindari sering makan sate

Pernah makan sate gosong? jika iya, kurangi sekarang juga! Sebab gosong pada makanan ini mengandung banyak atom karbon, yang dalam jumlah besar bisa memicu timbulnya kanker (karsinogenik). Bahan karsinogen ini dapat mengakibatkan munculnya berbagai jenis kanker seperti kanker prostat. Selain gosong pada sate, lemak daging yang menetes ke arang atau alat pemanas pada saat proses pembakaran dapat menimbulkan asap yang mengandung PAH. Asap yang menempel pada daging inilah yang bisa memicu kanker. Untuk menghindari resiko kanker, jangan terlalu sering makan sate atau makan makanan yang dibakar.

4. Kurangi pemakaian pewangi ruangan

Jika Anda sering menyemprotkan pengharum ruangan di rumah Anda, segera kurangi. Pengharum ruangan termasuk pengharum mobil berpotensi menyebabkan terjadinya kanker, bahkan aroma teraphy yang dibakar juga menyebabkan kanker. Lilin aromaterapi yang biasanya dinyalakan juga bisa berubah menjadi zat karsinogenik dan menjadi sumber polutan yang bisa menyebabkan kanker sehingga jika memang tidak perlu, matikan lilin aromaterapi yang biasa Anda nyalakan. Ketika pewangi bercampur dengan udara, ada senyawa lain yang tampaknya bisa terbentuk dan mencapai tingkat berbahaya terutama di ruangan tanpa ventilasi yang baik.

5. Kurangi pemakaian kosmetik

Bahan kimia yang biasanya ditemukan dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi ternyata bisa menyebabkan kanker payudara. Bahan kimia tersebut adalah paraben dan Bisphenol A (BPA). Bahan kimia yang dimaksud juga bisa memengaruhi dalam perubahan hormon seksualitas dan kesuburan. Bahkan, paparan rendah dari kedua bahan kimia tersebut dikatakan bisa mempengaruhi tingkat reproduksi. Perubahan hormonal semacam itu telah dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti kanker payudara dan penyakit kardiovaskular.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kanker Berita kesehatan Terserang Kanker

Berita Lainnya