Kesehatan

Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Lingkungan Penting Cegah Hepatitis A di Pacitan

Aisyah Isyana - 17/07/2019 05:35

Beritacenter.COM - Penyebaran kasus hepatitis A di Kabupaten Pacitan diduga bersumber dari pencemaran air sungai. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan enam titik sungai, tiga titik negatif hepatitis A.

Kepala Balitbangkes Siswanto mengatakan, ada kemungkinan penularan dapat berasal dari makanan, jika dari air sungai negatif. Menurutnya, masyarakat juga harus memperbaiki sanitasi dan jangan buang air sembarang, serta harus menjamin agar septic tank tak merembes.

Baca juga : Kasus Hepatitis A Mencapai 957 Orang di Pacitan

“Lakukan penyediaan air bersih dan sanitasi lingkungan termasuk edukasi tidak boleh minum air mentah serta harus dimasak”, jelasnya dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, Selasa 16 Juli 2019.

Dia menjelaskan, ada tiga jenis hepatitis, yakni hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Hepatitis A gejalanya agak ringan. Ditularkan dari kotoran seseorang (feses) yang masuk ke mulut orang lain yang ditularkan. Hepatitis A biasanya sembuh sendiri dan jarang yang meninggal, kecuali fulminan hepatitis (gagal hati akut).

“Tapi yang hepatitis B ini yang berat, karena bisa menimbulkan sirosis bahkan kanker dan sifatnya kronis”, ungkap Siswanto.

Sementara hepatitis C, jelas Siswanto, banyak menyebabkan kanker dan belum ada vaksinnya hingga saat ini. Untuk hepatitis A dan B, saat ini sudah ada vaksinnya. Hanya saja, Siswanto menyebut hepatitis A tak dianggap parah dan dapat sembuh sendiri, dimana program pemerintah sendiri adalah melakukan vaksinasi hepatitis B.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Hepatitis A Wabah Hepatitis A di Pacitan Penyebaran Hepatitis

Berita Lainnya