Kesehatan

Inilah Manfaat Es Batu Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Dewi Sari - 18/07/2019 07:38

Beritacenter.COM - Meminum es batu di saat cuaca panas terik memang menyegarkan dan memiliki suatu kenikmatan tersendiri.

Tapi tahukah anda selain untuk menyegarkan di kala siang hari, ternyata es batu memiliki manfaat kesehatan juga. Apa saja itu ? Berikut manfaat mengkonsumsi es batu bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mengurangi Rasa Sakit

Melansir dari WebMD, Es batu dapat menjadi alternatif untuk mengurangi rasa sakit seperti memar dan keram. Caranya dengan mengompreskan es batu pada bagian tubuh yang dirasa sakit atau keram.

2. Menyembuhkan Jerawat

Es batu menjadi salah satu cara untuk menghadapi jerawat membandel pada kulit. Kompres es batu pada spot yang terkena jerawat maka jerawat perlahan akan mengempes dan hilang.

Es batu bekerja mengurangi prosesi inflamasi pada jerawat yang membuat jerawat membengkak dan berwarna merah.

3. Mengatasi Gejala PMS

Melansir Mayoclinic, bungkus es batu menggunakan kain atau bungkus es khusus yang digunakan untuk mengompres.

Kompres ke bagian perut bawah yang terasa sakit. Gejala PMS tidak hanya sebatas sakit perut saja, bagi sebagian orang dapat berupa sakit kepala yang disebabkan oleh meningkatnya hormon.

Pada kasus seperti ini es batu juga dapat dikompres di bagian kepala yang terasa sakit.

4. Menghilangkan Lingkar Hitam pada Mata

Bekukan jus ketimun dan air mawar, setelah menjadi es batu. Kompres pada lingkaran mata yang terlihat hitam secara perlahan dan berulang-ulang. Maka, mata hitam akan perlahan menghilang.

5. Mengatasi Insomnia

Menurut Drhealthbenefits, insomnia adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh stres dan faktor lainnya. Meletakkan es batu pada leher merupakan salah satu cara untuk menenangkan dan dapat membantu tidur dengan mudah dan lebih cepat.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Es batu Manfaat Es Batu

Berita Lainnya