Kesehatan

Stop! Jangan Biarkan Anak Makan Sambil Nonton, Nanti...

Aisyah Isyana - 19/07/2019 03:50

Beritacenter.COM - Kadang kala, para orangtua kerap dirumitkan dengan aktivitas memberi makan sang buah hati. Pasalnya, sang anak biasanya tak bisa duduk tenang saat menyantap makanan. Para orangtua acap kali memilih menggunakan gawai atau televisi untuk memberikan tayangan agar anak dapat tenang sembari menyantap makanan.

Namun, apakah ada dampak buruk bagi anak dari menonton televisi sembari menyantap makanan. Ternyata, cara itu justru dapat memicu dan memberikan kecenderungan bagi anak untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

"Kalau ditambah TV dan gawai, anak bisa saja terlalu cepat makannya karena tidak fokus ke makanannya dan merasa masih ingin makan sehingga ditambah terus makanannya. Padahal sudah melewati batas kebutuhannya," ujar spesialis anak dr. Yovita Ananta SpA., dalam temu media Rumah Sakit Pondok Indah, di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis 18 Juli 2019.

Tak hanya itu, membiarkan anak menyantap amakanannya sembaro terus menonton tayangan favorit juga akan membuatnya memiliki durasi makan yang lama. Jelas hal itu dapat mempengariuhi bobot tubuh sang buah hati.

"Kalau durasi makannya terlalu lama, bisa meningkatkan asupan kalorinya. Jadi, batasi makannya hanya 30 menit saja," kata dia.

Disarankan saat sedang menyuapi anak makan, orang tua sebaiknya melakukan komunikasi dan kontak mata. Dengan begitu, anak bisa menikmati momen kebersamaan tersebut dan merasa bahwa proses makan adalah hal menyenangkan.

"Makanya orang tua perlu batasi screentime pada anak dan tidak memberikan tontonan saat anak sedang makan," kata dia.

TAG TERKAIT :
Kesehatan Obesitas Pada Anak Gizi Anak Asupan Kalori Anak Kesehatan Anak

Berita Lainnya