Nasional

Komisi III: KPK Butuh Unsur Polri Sebagai Pimpinan

Lukman Salasi - 19/07/2019 11:28

BeritaCenter.COM - Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil menilai unsur Polri sangat dibutuhkan sebagai pimpinan KPK. Pasalnya, KPK sebagai lembaga projustisia, kata Nasir sangat membutuhkan orang-orang yang paham penegakan hukum.

"Mengapa demikian? Karena KPK lembaga projustisia, lembaga penegak hukum. Oleh karenanya, pimpinan KPK harus diisi orang-orang yang paham seluruh proses penegakan hukum," kata Nasir Djamil beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Nasir berharap figur-figur terbaik dari Polri bisa lolos jadi pimpinan KPK. Dia juga mengatakan, sejak awal berdirinya KPK tak bisa dilepaskan dari peran penyidik atau pimpinan yang berasal dari unsur Polri.

Nasir juga menjelaskan bahwa adanya anggota Polri yang jadi pimpinan KPK atau bahkan kejaksaan akan memudahkan sinergi antar lembaga.

"Tentu saja dengan adanya Polri dan Jaksa di tubuh pimpinan KPK, maka akan sangat memudahkan bersinergi dengan kedua institusi tersebut," tambah Nasir.

Seperti diketahui, 13 dari 192 capim KPK yang lolos ke tahap kedua berasal dari unsur Polri.

Tahap kedua berupa uji kompetensi telah diselenggarakan Kamis (18/7) di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara yang berada di Cilandak, Jakarta Selatan.

Capim KPK yang lolos tahap uji kompetensi akan diumumkan pada Senin 22 Juli 2019. Yang lolos tahap kedua nanti akan mengikuti tes selanjutnya.

"Nanti insyaallah, Senin kita umumkan dari 192 ini (yang lolos), kemudian naik ke psikotes, insyaallah tanggal 28 psikotesnya. Nanti di sana kita menuju ke profile assessment tes-tes yang lain, kemudian kita uji publik kerja sama media, baru kita wawancara oleh pansel," kata Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih, Kamis (18/7/2019).

TAG TERKAIT :
Berita Center Komisi III DPR RI Capim KPK Seleksi Pimpinan KPK Pimpinan KPK dari unsur Polri

Berita Lainnya