News

Soroti Kasus Petugas Haji Gadungan, Konjen RI Jeddah: Mereka Pakai Seragam Palsu

Aisyah Isyana - 25/07/2019 06:50

Beritacenter.COM - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyoroti maraknya kasus penipuan dan pencurian yang menimpa calon jemaah haji Indonesia. Dalam hal ini, PPIH melalui Media Center Haji (MCH) terus melakukan sosialisasi kepada jemaah untuk waspada.

Sebagaimana hasil rapat pertemuan pejabat pengendali teknis PPIH Arab Saudi, Konsulat Jenderal RI Jeddah, Mohammad Hery Saripudin menyebut pembahasan soal modus penipuan jemaah oleh petugas haji gadungan, menjadi salah satu yang dibahas pada pertemuan itu.

Baca juga :

"Kita minta bantuan MCH untuk selalu mensosialisasikan kepada para calon jemaah haji yang masih ada di tanah air untuk mengenali para petugas PPIH," kata Hery saat diwawancarai Tim MCH, Rabu, 24 Juli 2019.

Dari laporan yang masuk ke PPIH, jelas Hery, diketahui ada orang luar yang mengenakan seragam PPIH untuk melakukan penipuan kepada calon jemaah haji Indonesia. Dengan menggunakan sergama PPIH, pelaku memperdaya dan menipu jemaah haji Indonesia.

"Padahal, seragam yang digunakannya palsu, kita tangani ada sembilan kasus, mulai penipuan, pencurian dan lain sebagainya. Kita mengimbau para jemaah haji lebih percaya kepada petugas PPIH ketimbang orang lain," jelas Hery.

Berdasarkan hasil rapat persiapan haji, jelas Hery, PPIH sejauh ini telah melakukan evaluasi di semua bidang. Menurutnya, semua yang dilakukan PPIH tahun 2019, lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Permasalahan diakuinya tidak signifikan karena jumlahnya lebih sedikit.

"Tentu saja bukan berarti tidak ada masalah, tapi sejauh ini kita masih bisa handle dengan baik. Insya Allah persiapan cukup bagus," ungkapnya.

 

TAG TERKAIT :
Jemaah Haji Indonesia PPIH Arab Saudi Kasus Penipuan Jemaah Haji Jemaah Haji Korban Pencurian

Berita Lainnya