Politik

Inilah 6 Syarat Untuk Partai Oposisi Jika Ingin Gabung Koalisi Jokowi

Dewi Sari - 26/07/2019 15:51

Beritacenter.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin resmi dibubarkan hari ini. Menaggapi hal itu, Ketua DPP PKB Lukman Edy memberikan peluang kepada partai oposisi untuk berkoalisi dengan syarat partai pendukung Prabowo - Sandi harus memberikan bukti niat baik.

"Koalisi plus plus sih OK OK saja, tetapi bagi temen-temen dari partai pendukung 02 harus menunjukkan bukti terlebih dahulu niat baik mereka untuk membangun kebersamaan, supaya tidak terkesan hanya dagang sapi berharap pembagian kursi kekuasaan," ujar Lukman kepada wartawan, Jumat (26/7).

PKB tegaskan akan menolak apabila niat oposisi hanya mencari jabatan. Bukan hanya partai yang menolak, melainkan masyarakat Indonesia pun sama.

"Kalau niat membangun koalisi hanya berdasar kepada kepentingan pragmatis seperti itu, bukan hanya PKB yang menolak tetapi masyarakat juga akan sinis," kata dia.

Lukman menyebut ada enam syarat yang harus dipenuhi oleh partai oposisi. Pertama, tidak mengulang narasi fitnah. Kedua, menyatakan komitmen tidak menggunakan politik identitas.

Ketiga, tidak memberikan tempat pada intoleransi dan radikalisme. Serta ikut bertanggungjawab mengikis potensi intoleransi dan radikalisme. Keempat, partai turut menjalankan visi misi Indonesia Maju.

Kelima, menyatakan komitmen solid selama 5 tahun pemerintahan ke depan. Terakhir, partai harus menertibkan pendukung yang belum menerima kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

TAG TERKAIT :
Politik Berita Center Koalisi Koalisi Jokowi Maruf Amin

Berita Lainnya