News

Bingung Ingin Naik ke Bukit, Jemaah Nyasar ke Perkampungan Dataran Tinggi Mekah

Fani Fadillah - 28/07/2019 07:30

Beritacenter.COM - Jemaah haji asal Indonesia berinisial NR ditemukan tim sektor khusus Masjidil Haram di sebuah perkampungan dataran tinggi di wilayah Jiyad Mushafi Mekah, Arab Saudi, Sabtu (27/7/2019). Jemaah perempuan dari Embarkasi JKS Kloter 65 ini didapati tengah kebingungan saat sedang naik ke atas puncak bukit yang juga pemukiman warga.

Dikatakan Kepala Sektor Khusus M Yamin, Ibu NR tinggal di Sektor 7 Misfalah nomor hotel 704. Beliau ditemukan warga setempat seperti tengah kebingungan dan mencoba naik ke atas bukit. Jemaah haji asal Indonesia ini juga diketahui tak mengenakan gelang tanda pengenal.

Baca juga : 4 Kloter Jemaah Haji dari Madina Tetap Difasilitasi Bus Shalawat oleh PPIH Mekah

"Itu kami dapatkan dari orang Arab menelpon dan menyampaikan ke Seksus, dan kami bergerak untuk menjemput jemaah tersebut," kata M Yamin kepada Tim MCH saat mengevakuasi jemaah ke KKHI Mekah, Sabtu petang.

Ibu NR sempat menolak saat hendak dievakuasi petugas Seksus dari atas bukit. Ibu NR hanya merespon petugas yang berbicara menggunakan bahasa daerahnya, Sunda. Petugas sempat melakukan berbagai cara untuk membujuk Ibu NR untuk pulang ke hotel.

"Berbagai cara kita lakukan, dengan berzikir, dengan melakukan pembicaraan di telinganya, takbir, tahmid, alhamdulillah dia mau diajak turun dengan dipapah sampe ke bus, sampai ke bus terus kita ajak zikir dan diantar (ke KKHI)," ujarnya.

Menurut keterangan warga setempat, Ibu NR sudah berada di daerah itu sejak Sabtu pagi. Bahkan jemaah itu sempat diketahui tertidur disebuah anak tangga, lantaran diduga kelelahan saat naik ke atas bukit.

Saat dibujuk untuk turun dari bukit oleh petugas Seksus wanita, Ibu NR sempat menolak dan menyebut ingin terus ke atas gunung yang disebutnya puncak Bogor. "Karena maunya naik puncak gunung, bilangnya mau naik ke puncak Bogor," ungkapnya.

Setelah bebera saat dibujuk dan berhasil dievakuasi, Ibu NR dibawa oleh beberapa petugas Seksus wanita untuk menjalani pemeriksaan ti medis KKHI. Yamin menduga jemaah NR ini mengalami shock, karena melihat cuaca dan situasi berbeda seperti di daerahnya.

"Terpaksa kami bawa ke KKHI biar pelaksanaannya tuntas bisa diperiksa tim medis," ujar Yamin.

TAG TERKAIT :
Arab Saudi Mekah Jemaah Haji Indonesia Kabar Haji Seksus Indonesia

Berita Lainnya