News

Sambut HUT RI Ke-74, Jokowi Buat Batik Motif 'Garuda Nusantara' Sepanjang 74 Meter

Aisyah Isyana - 01/08/2019 10:58

Beritacenter.COM - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana menghadiri acara bertajuk 'Batik Kemerdekaan' di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (1/8/2019).

"Hari ini kita memulai untuk membatik sepanjang 74 meter. Yang sesuai dengan Dirgahayu Kemerdekaan kita yang ke-74," kata Presiden Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI.

Sebanyak 74 orang pembatik dilibatkan dalam pembuatan batik 74 meter tersebut. Jokowi juga turut serta membatik pada acara tersebut. Manatan Gubernur DKI ini tampak serius membatik dengan menggoreskan canting batik ke kain.

Saat ditanya soal motif batik, Jokowi menyebut motif 'Garuda Nusantara'. "Motif Garuda Nusantara, Gurdo," jelas Jokowi.

Selain Jokowi, Ibu Iriana juga tampak sangat serius serta luwes dan teliti saat membatik. Jokowi menilai, kegiatan membatik membutuhkan kesabaran, proses membatik sendiri harus dinikmati agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Membatik itu harus sabar, pikirannya dingin. Pelan-pelan dihayati, dinikmati. Bukan dilihat orang banyak kayak gitu," jelas Jokowi.

Jokowi berharap, warisan leluhur bangsa seperti batik dapat terus dipertahankan dan terus diwariskan turun temurun ke generasi selanjutnya. Menurutnya, warisan leluhur ini merupakan pusaka dunia dan sumbangsih bangsa terhadap kebudayaan dunia.

"Kita berharap warisan pusaka batik ini yang sudah tercatat di UNESCO bisa menjadi sebuah brand Indonesia di kancah internasional, dan kita harapkan juga generasi pembatik-pembatik, dari angkatan dewasa ke angkatan remaja, anak-anak, semua teregenerasi dengan baik," jelas Jokowi.

TAG TERKAIT :
Jokowi Presiden Jokowi Batik Iriana Jokowi HUT Kemerdekaan RI ke-74 Batik Kemerdekaan

Berita Lainnya