Nasional

Pansel KPK: Jika Tak Suka Tak Usah Umbar Keburukan Capim, Apalagi Belum Tentu Benar

Lukman Salasi - 09/08/2019 16:31

BeritaCenter.COM - Siapapun dihimbau tak mengumbar keburukan capim KPK hanya karena tidak suka. Apalagi yang dipublikasikannya belum tentu kebenarannya.

Hal ini disampaikan Pansel Capim KPK menyikapi dinamika di masyarakat dalam memberikan masukan terhadap seleksi capim KPK yang sedang berlangsung.

"Kami mengimbau bahwa sebaiknya data seseorang atau aktivitas seseorang yang belum tentu keburukannya dan sebagainya tidak disampaikan di ruang publik hanya untuk misalnya karena dia tidak senang orang itu," ucap Hendardi, Kamis (8/8/2019).

Hendardi menegaskan setiap orang berhak memberikan masukan, namun dia meminta tak sembarangan menyebut sisi negatif para capim.

"Kepada siapapun yang ingin beri masukan adalah hak. Namun, tolong itu disampaikan mekanisme yang kami berikan lewat e-mail, surat, tidak dengan dipublikasikannya ke ruang publik karena juga bukan apa-apa, selain mengganggu hak orang lain. Yang kedua saya kira itu berpotensi persoalan hukum juga pencemaran nama baik kalau yang bersangkutan merasa terganggu dan itu saya kira wajar saja kalau orang terganggu apalagi itu tidak benar," ujar Hendardi.

Kendatipun terbuka dengan masukan dan kritikan semua pihak, Hendardi memastikan pansel tak bisa didikte.

"Kami pantang untuk didikte siapa pun," tegasnya.

Saat ini ada 40 capim KPK yang sedang mengikuti profile assesment di gedung Lemhanas, Jakarta Pusat dari hari Kamis, (8/8/2019) sampai hari ini Jumat (8/9/2019).

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih mengatakan proses nama-nama capim yang lolos profile assessment akan diumumkan pada 23 Agustus 2019. Setelah diumumkan, para capim akan mengikuti tes kesehatan di RSPAD pada 26 Agustus 2019.

"23 (Agustus 2019) malam kita umumkan rencananya untuk nanti tanggal 26 yang tersaring hadir tes kesehatan di RSPAD," sebut Yenti.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pansel KPK Capim KPK

Berita Lainnya