Politik

Ini Tanggapan PKB Soal Merapatnya Demokrat ke Jokowi - Ma'ruf Amin

Dewi Sari - 13/08/2019 11:00

Beritacenter.COM - Ketua Partai Keadilan Bangsa (PKB) Abdul Karding menanggapi soal gabung Demokrat ke pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin. Menurutnya, bergabungnya partai Demokrat semua tergantung dengan kesepakatan Jokowi.

“Pada prinsipnya, kata kuncinya kan tergantung pada kesepakatan Demokrat dengan Pak Jokowi,” katanya, Selasa (13/8/2019).

Abdul Karding mengatakan adanya penambahan dari partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) semua akan dipertimbangkan dengan Jokowi. Namun, Jokowi tidak sendiri untuk memutuskan anggota baru untuk bergabung harus didiskusikan terlebih dahulu dengan partai koalisi.

“Ini kalau Pak Jokowi misalnya menghendaki harus ada tambahan koalisi ya tentu akan dibahas di partai-partai. Nanti pembahasannya seperti apa, keputusannya seperti apa, tentu kita harus menunggu dulu kan,” jelasnya.

Lebih lanjut Karding tidak menampik penambahan partai pendukung pemerintah akan berdampak pada pembagian posisi di pemerintahan (power sharing). Power sharing dikatakan Karding tidak hanya di kabinet, tetapi juga posisi pimpinan lembaga legislatif seperti DPR dan MPR.

“Sudah pasti (power sharing). Makanya kan pasti akan dibahas di rapat-rapat nanti. Misalnya apa bentuk bargainingnya (tawar menawarnya) gitu kan? Apakah kabinet, apakah legislatif baik di MPR, DPR,” tandasnya.

“Tentu nanti ada pembicaraan-pembicaraannya, dan itu akan dibahas, dibahas seperti apa. Tentu kan kita belum tahu seperti apa hasilnya. Prinsipnya tentu kita akan berjalan seperti apa nanti,” pungkas Karding.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Demokrat PKB Partai Demokrat Demokrat Gabung ke Jokowi

Berita Lainnya