Nasional

Penyakit Ini Paling Banyak Dikeluhkan Jemaah Haji

Lukman Salasi - 15/08/2019 11:14

BeritaCenter.COM - dr Lucky S. Widyakusuma Sp.OG menyebut keluhan kesehatan terbanyak dari jemaah haji adalah saluran napas atas, penyakit kulit, seperti gatal-gatal atau pecah-pecah karena kering.

"Selain itu pegal karena di sini kan semuanya rata-rata jalan. Olahraga fisik baik ke masjid atau ke manapun kita jalan kaki," ujar dr Lucky yang juga jadi pembimbing jemaah haji.

Jemaah haji dianjurkan tetap selalu memakai peneduh seperti topi ataupun payung, serta masker saat keluar hotel.

Minum air juga disarankan diperbanyak agar tidak kekurangan cairan. Jika di Indonesia sehari-hari cukup butuh minum 2 liter, tetapi di Arab Saudi lantaran cuacanya lebih panas maka minum harus lebih sering.

"Karena tanpa sadar, ketika habis tawaf siang hari itu kita kurang cairan, sakit kepala bisa heat stroke. Jadi pertolongan pertamanya adalah minum ataupun membasahi kepala. air zamzam selalu ada di masjid, jadi itu bisa kita gunakan," sebutnya.

Seperti diketahui, fisik jemaah haji mulai terkuras usai menunaikan rangkaian puncak haji Armuzna: wukuf di Arafah, serta mabit (bermalam) di Muzdalifah dan Mina.

Terlebih ketika di Mina, jemaah harus berjalan dalam hitungan kilometer dari tempat pemberhentian bus, tenda pemondokan dan lokasi melontar jamrah.

Ditambah lagi Mina sempat diguyur hujan deras dan angin kencang, sehingga membuat tempat menginap jemaah tersebut bocor dan pasokan listrik terputus.

TAG TERKAIT :
Berita Center Jemaah Haji Indonesia Kesehatan Jemaah Haji

Berita Lainnya