News

Wakapolri Minta Pelayanan Samsat Teritegrasi Nasional Berbasis Teknologi

Perlu penyeragaman sistem aplikasi pelayanan Samsat yang terintegrasi berbasis teknologi dan tekrokrasi dari pusat ke seluruh Indonesia sehingga dapat berjalan efektif dan efisien

Aisyah Isyana - 27/08/2019 12:32

Beritacenter.COM - Dalam rapat koordinasi pembina Samsat tingkat nasional 2019, Wakapolri Komjen Ari Dono meminta agar sistem aplikasi pelayanan Samsat dapat terintegrasi secara nasional. Menurutnya, dengan begitu pelayanan dapat berjalan lebih efektif dan efesien

"Perlu penyeragaman sistem aplikasi pelayanan Samsat yang terintegrasi berbasis teknologi dan tekrokrasi dari pusat ke seluruh Indonesia sehingga dapat berjalan efektif dan efisien," kata Ari di hotel Bidakara Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Baca juga :

Wakapolri juga meminta agar sistem pendataan kendaraan bermotor seluruh Indonesia juga terintegrasi. Menurutnya, hal itu dapat membantu pengungkapan kasus-kasus pencurian motor (curanmor) dan berbagai kejahatan lainnya.

"Segera dibangun sistem pendataan kendaraan bermotor di seluruh Indonesia yang terintegrasi sehingga dapat membantu pengungkapan curanmor dan kejahatan lainnya," ujarnya.

Untuk itu, Ari meminta agar stakeholder pembina Samsat merealisasikan sistem elektronik registrasi identifikasi sebagai sistem layanan dan identifikasi (regident) online berbasis IT. Dia menilai, hal itu dapat mendukung pelayanan Samsat online, pelaksanaan ETLE, e-parking, dan elektronik pricing.

Menurutnya, perkembangan teknologi 4.0 hendaknya dapat lebih dimanfaatkan lagi oleh pembina Samsat seluruh Indonesia. Dia berharap, adanya sistem berbasis online yang saling terintegrasi kelak, dapat menciptakan pelayanan publik lebih cepat, akuntable, transparan informatif, dan jelas dapat lebih mudah diakses.

Ari juga meminta agar kualitas SDM pendidikan dan pelatihan lebih ditingkatkan, termasuk pengawasan internal dan eksternal dijajaran. Menurutnya, inovasi baru sangat diperlukan guna mewujudkan pelayanan Samsat yang lebih baik.

"Perlu ada terobosan kreatif dengan tetap berdasarkan mekanisme yang berlaku untuk meningkatkan, mempercepat, mempermudah pelayanan Samsat sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman," sambungnya.

"Pembangunan Samsat online merupakan salah satu jawaban atas tuntutan masyarakat agar pelayanan Samsat dapat lebih efisien dalam bekerja sama dengan kalangan perbankan. Sistem ini perlu dikembangkan dengan baik sehingga semakin unggul dan berdaya saing," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Wakapolri Ari Dono Samsat Rapat Koordinasi Samsat Nasional 2019 Pelayanan Samsat Teritegrasi Teknologi

Berita Lainnya