Internasional

Presiden AS Resmikan Pasukan Komando SpaceCom

Indah Pratiwi - 30/08/2019 16:25

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat(AS) Donald Trump meluncurkan komando khusus militer luar angkasa yang dikenal dengan Space Command atau SpaceCom pada Kamis (29/8) kemarin.

"Ini adalah hari penting yang menjadi tanda pengakuan terkait pentingnya ruang angkasa bagi keamanan dan pertahanan Amerika," kata Trump di Gedung Putih.

"SpaceCom akan memastikan bahwa dominasi Amerika di ruang angkasa tidak akan pernah terancam," ujarnya menambahkan.

Pasukan SpaceCom akan bermarkas di luar angkasa sebagai salah satu fokus area pertahanan militer AS layaknya komando militer AS di Pasifik dan Timur Tengah yang selama ini ditempatkan.

Kementrian Pertahanan AS kini membagi militer ke dalam tiga unit yakni angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara dan angkatan luar angkasa.

Dilansir AFP, komando SpaceCom lebih terfokus pada pengembangan sistem pertahanan khusus dan pelatihan perang militer AS di luar angkasa layaknya film "Star Wars".

"Saya yakin bahwa ruang angkasa sudah menjadi domain perang. Saya yakin sekarang cara hidup dan perang kita bergantung pada kekuatan kita di luar angkasa," kata Jenderal Angkatan Udara AS, John Raymond yang ditunjuk sebagai komandan SpaceCom seperti dikutip AFP.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya