Internasional

Presiden Rusia Ancam Kerahkan Senjata Nuklir Jika AS Bersikap Bodoh

Indah Pratiwi - 06/09/2019 06:10

Beritacenter.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan melanggar perjanjian senjata nuklirnya jika Amerika Serikat(AS) bersikap bodoh. Moskow menjamin, tidak akan mengerahkan senjata nuklirnya jika AS memulainya.

"Kami sudah mengatakan di depan umum bahwa kami tidak akan mengerahkan (rudal jelajah) setelah Amerika menguji rudal seperti itu," kata Putin dalam forum ekonomi di kota Vladivostok, Kamis (5/9/2019).

"Tentu saja, kami akan memproduksi rudal seperti itu, tetapi kami tidak akan menyebarkannya di wilayah di mana tidak ada sistem rudal berbasis darat dari kelas ini yang diproduksi oleh AS yang telah muncul," ujar Putin, seperti dikutip dari The Moscow Times, Jumat (6/9/2019).

Presiden Rusia mengaku tidak senang dengan rencana AS yang mengerahkan sistem rudal jarak menengah berbasis darat di Korea Selatan dan Jepang.

"Ini benar-benar membuat kami sangat sedih, dan itu juga merupakan alasan untuk keprihatinan tertentu bagi kami," kata Putin.

“Jika itu ditempatkan di Jepang atau Korea Selatan, kami memahami bahwa ini akan dilakukan dengan dalih mencegah ancaman dari Korea Utara, tetapi bagi kami itu akan menimbulkan masalah yang signifikan, masalah yang sangat serius karena sistem rudal ini akan dapat menutupi sebagian besar wilayah Rusia," imbuh dia.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya