Internasional

Iran Tolak Bertemu Empat Mata dengan Donald Trump

Khamenei mengatakan para pemimpin ulama Iran sepakat bahwa semua pejabat di Iran dengan suara bulat mempercayainya.

Sari Intan Putri - 18/09/2019 07:53

Beritacenter.COM - Pemerintah Iran dengan tegas menyatakan jika tak akan pernah mau melakukan pembicaraan empat mata dengan pihak Amerika Serikat.

Ayatollah Ali Khamenei selaku Pemimpin Tertinggi Iran, menyebutkan jika negaranya hanya akan mau berdiskusi dengan Amerika Serikat secara multilateral terkait kesepakatan nuklir yang disetujui pada 2015.

“Para pejabat Iran, pada tingkat apa pun, tidak akan pernah berbicara dengan para pejabat Amerika. Ini (tindakan Amerika Serikat) adalah bagian dari kebijakan mereka untuk menekan Iran. Kebijakan untuk memberikan tekanan maksimum mereka akan gagal,” kata Khamenei.

Khamenei mengatakan para pemimpin ulama Iran sepakat bahwa semua pejabat di Iran dengan suara bulat mempercayainya.

“Jika Amerika mengubah perilakunya dan kembali ke perjanjian nuklir (yang disepakati pada 2015), maka ia dapat bergabung dengan perundingan multilateral antara Iran dan pihak-pihak lainnya,” kata Khamenei.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bersedia bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani akhir bulan ini di sela-sela sidang umum PBB di New York, Amerika Serikat, untuk membahas program nuklir Iran. Namun penolakan Khamenei itu pukulan telak bagi Trump setelah meningkatkan sanksi terhadap Iran sejak tahun lalu.

TAG TERKAIT :
Donald trump Amerika Serikat Iran Presiden Amerika Serikat Presiden Iran Ayatollah Ali Khamenei

Berita Lainnya