Internasional

Pemerintah Tiongkok Berencana Bongkar Masjid-masjid

Indah Pratiwi - 23/09/2019 23:03

Beritacenter.COM - Ada sebanyak 3 masjid ditutup dan sebuah menara masjid dibongkar paksa di China yang berada di kawasan Linxia, yang dikenal dengan sebutan Mekah Kecil di negara Republik Rakyat Tiongkok(RRT).

Di Provinsi Yunnan selatan, pembongkaran masjid serupa dilakukan seperti di Mongolia. Daerah Henan dan Xinghia, keduanya termasuk wilayah yang didiami etnis minoritas Muslim terbesar di China, yakni Hui, Senin(23/9/2019).

Tindakan ini merupakan salah satu bentuk kemunduran besar-besaran terhadap kebebasan beragama dari Partai Komunis China itu. Selain itu, aksi kekerasan terhadap minoritas Muslim yang dimulai dengan Uighur di Xinjiang, telah menyebar ke wilayah lain.

Bukan itu saja, partai Komunis China juga memberlakukan pembatasan terhadap kebiasaan dan praktik Islam. Hal ini membuktikan kebijakan garis keras dari Presiden China, Xi Jinping, yang telah berupaya menegaskan kembali keunggulan Partai Komunis dan ideologinya kepada semua lapisan masyarakat.

Akibatnya, tindakan pemerintah China menimbulkan kekhawatiran bahwa penindasan Muslim Uighur di wilayah barat Xinjiang telah mulai menyebar ke bagian lain di China yang menargetkan Hui dan Muslim lainnya.

Berita Lainnya