Kriminal

Nyamar Jadi Pelajar, Satpam ini Dijanjikan Rp 40 Ribu Untuk Demo ke DPR

Dewi Sari - 30/09/2019 19:50

Beritacenter.COM - Seorang satpam diamankan Polres Jakarta Pusat karena menyamar menjadi pelajar SMA. Pemuda berusia 22 tahun itu bersama pelajar lainnya melakukan aksi unjuk raasa di Gedung DPR , Senin (30/9/2019).

Rahmat datang ke gedung DPR bersama siswa siswa lainya. Berawal dari ajakan grup WhatsApp dengan iming-iming mendapat uang, Rahmat memutuskan berangkat.

Ia meminjam seragam SMA lengkap dari temannya.”Yang minjemin baju temen. Saya minjem doang buat ke sana,” kata Rahmat yang mengaku bekerja sebagai sekuriti di KBN Cilincing.

Rahmat mengakui dirinya di iming-iming bayaran Rp40 ribu. Bayaran itu bakal diberikan, kata Rahmat, setelah sampai di Gedung DPR dan mengikuti demo.

“Nanti di sana dikasihnya kalau udah selesai, di DPR. Dikasih Rp40 ribu, itu kata temen saya. Kan saya diajak,” katanya

Rahmat menuturkan dirinya termotivasi ikut demo lantaran mendapatkan bayaran yang lumayan menggiurkan untuk datang ke DPR.

“Buat tambah-tambahan doang. Nanti kalo udah kelar demo (dikasih), itu yang ngomong teman saya di WA. Ngomongnya dikasih Rp40 ribu, kemaren ngomongnya saya tanya, dikasih Rp40 ribu,” ucap dia.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan pelajar ini diamankan dari wilayah Cilincing dan Koja.

“Hari ini kita melaksanakan patroli maupun penjagaan di beberapa lokasi. Dan ternyata tadi kami mendapati beberapa pelajar yang berusaha berkumpul dan berusaha berangkat, katanya mau ke DPR RI,” ujar Budhi.

Sedikitnya ada 41 orang yang diamankan, di mana beberapa di antaranya juga ada yang bukan pelajar. Budhi mengatakan, para pelajar ini diduga hendak berangkat ke Gedung DPR RI setelah tersebarnya ajakan di media sosial. Menurut Budhi, diduga ada pihak-pihak yang sengaja menggerakkan para pelajar ini supaya ikut aksi.

TAG TERKAIT :
Mahasiswa Berita Center Demonstrasi Pelajar Demo DPR Satpam Nyaru Jadi Siswa

Berita Lainnya