Internasional

Pemerintah Tiongkok Kirim Pasukan Berlipat Ganda ke Hong Kong

Indah Pratiwi - 01/10/2019 09:22

Beritacenter.COM - Utusan asing yang berada di China melaporkan bahwa Tiongkok diam-diam telah melipatgandakan pasukan keamanan yang dikirim ke Hong Kong. Ini adalah langkah paling dramatis yang dilakukan oleh Beijing untuk mempersiapkan potensi memburuk. Beberapa hari terakhir, tentara melintasi perbatasan ke kota yang bergolak di Hong Kong yang hancur sejak aksi protes Juni lalu.

Dilansir berita China, Xinhua melaporkan, ratusan personel militer China di Hong Kong meningkat lebih dari dua kali lipat sejak protes anti-pemerintah dimulai pada Juni. Personel militer China yang diperkirakan 3.000 hingga 5.000 pada bulan-bulan sebelumnya, namun kini berjumlah 12.000 tentara disiagakan, Selasa(1/10/2019).

BACA JUGA

Para utusan percaya, China telah mengumpulkan pasukan aktif terbesarnya dari pasukan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan personel serta peralatan anti huru hara lainnya di Hong Kong.

Ada 5 diplomat mengatakan, penguatan pasukan itu mencakup unsur-unsur Polisi Rakyat Bersenjata (PAP), paramiliter anti-kerusuhan dan pasukan keamanan internal di bawah komando terpisah dari PLA.

Penguatan militer di Hong Kong termasuk persenjataan, peralatan yang dibuat khusus untuk mengatasi kekerasan di perkotaan, termasuk kendaraan meriam air dan truk yang digunakan untuk meletakkan barikade kawat berduri.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya