Internasional

Demonstrasi di Irak Terus Meluas

Indah Pratiwi - 04/10/2019 09:00

Beritacenter.COM - Ada 26 orang tewas dan 1.500 lainnya luka-luka dalam aksi protes yang telah berlangsung selama tiga hari di Baghdad, Irak. Puluhan orang korban tewas karena pengunjuk rasa berusaha memperluas demonstrasi di beberapa daerah, tapi dibubarkan oleh pasukan keamanan dengan senjata peluru tajam.

Dukutip Xinhua, Jumat (4/10/2019), Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Independen Irak (IHCHR), Ali al-Bayati menyebutkan, korban mengalami kekerasan yang menyertai aksi protes selama tiga hari di Baghdad dan beberapa provinsi meningkat menjadi 26 orang.

BACA JUGA

Selain itu, sebanyak 1.509 orang terluka, termasuk 401 anggota keamanan. Sebagian besar dari mereka telah meninggalkan rumah sakit setelah menerima perawatan.

Sebelumnya anggota IHCHR, Faten al-Halfi, menyebutkan jumlah korban jiwa ada 19 orang, termasuk seorang anggota keamanan, dan 1.041 lainnya terluka.

IHCHR merupakan komisi independen yang terkait dengan parlemen Irak. Badan itu didirikan PBB di Irak bekerja sama dengan pemerintah Irak untuk mempromosikan dan melindungi hak-hak semua rakyat Irak sesuai dengan standar internasional.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya