Nasional

Sri Mulyani Sebut Bos BUMN Pengkhianat, Ini Sebabnya

Lukman Salasi - 04/10/2019 12:18

BeritaCenter.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut bos-bos badan usaha milik negara (BUMN) sebagai pengkhianat. Yang disebut pengkhianat adalah mereka yang melakukan tindak pidana korupsi.

Seperti diberitakan, sejumlah direktur utama perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terlilit kasus suap di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Baru-baru ini, KPK menetapkan direktur utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) Darman Mappangara, sebagai tersangka kasus dugaan suap antar-BUMN.

"Ini kan merupakan suatu reputasi yang berat. Buat mereka yang jujur, mereka yang komit, itu merupakan sesuatu pengkhianat," kata Sri Mulyani di Kompleks Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu meminta hal itu dijadikan pelajaran. Sri juga menegaskan bahwa masyarakat pasti akan bersatu untuk menghadapi masalah korupsi.

"Saya rasa kita semua semestinya belajar lah dari situasi itu. Masyarakat kan betul-betul kalau masalah korupsi itu bersatu," sebutnya.

Menurut Sri Mulyani, integritas merupakan suatu elemen yang luar biasa penting dalam mengelola aset dan keuangan negara yang sangat besar. Dengan bertambahnya volume APBN dan meningkatnya aktivitas BUMN, dia berharap integritas seluruh profesional yang mengelolanya juga makin meningkat, bukan malah makin tergoda.

"Profesional yang mengelolanya juga makin meningkatkan integritasnya, bukannya makin tergoda ya terhadap apa yang mereka lihat sebagai suatu aset atau kekayaan atau keuangan, itu bukan (milik) kita, itu adalah uang rakyat yang harus kita kelola," jelasnya.

Sri Mulyani meminta BUMN memperkuat kontrol internal. Dengan begitu, setiap kali ada sinyal korupsi akan terdeteksi di dalam sistem. Dia juga meminta BUMN makin memperkuat tata kelolanya.

"Oleh karena itu, internal control memang harus disiapkan, corporate governance yang berdasarkan pada asas-asas transparansi, akuntabilitas, check and balance itu harusnya betul-betul ditingkatkan," tambahnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Sri Mulyani Bos BUMN Korupsi Pengkhianat Rakyat

Berita Lainnya