Internasional

Pilot Jet Pesawat F-35 Siluman Ceritakan Hal Yang Menyeramkan

Indah Pratiwi - 08/10/2019 10:35

Beritacenter.COM - Seorang pilot Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang mengemudikan F-35 bercerita saat dia mendarat dengan selamat setelah kehilangan salah satu komputer penerbangannya di udara.

Diduga, sistem komputer pesawat yang rusak itu membuat kendali oksigen, tekanan dan sistem komunikasi tidak berfungsi.

Seorang pilot bernama Kapten Robert Larson dari Skuadron ke-61 menjadi salah satu pilot yang menjalani pelatihan di Pangkalan Angkatan Udara Luke, Arizona, Amerika Serikat.

Ketika saat latihan, Larson mendapati dirinya dihadapkan dengan keadaan darurat di dalam penerbangan. Larson dituntut meningkatkan manusianya dan menyelamatkan tidak hanya dirinya sendiri tetapi F-35A Lightning II yang ia terbang dari kerusakan saat diudara.

"Saya cukup tinggi, sekitar 34.000 kaki, dan tiba-tiba semuanya menjadi sangat sunyi," kata Larson, seperti dikutip Business Insider, Selasa (8/10/2019).

"Saya mencoba menelepon pemimpin penerbangan saya dan menyadari bahwa saya tidak dapat berbicara dengan siapa pun. Saya mulai turun, mengerjakan daftar periksa dan mengayunkan sayap untuk mencoba dan membiarkan pemimpin penerbangan tahu bahwa saya tidak memiliki radio," ujarnya.

"Lebih jauh ke dalam daftar periksa, saya menyadari bahwa saya telah kehilangan salah satu komputer penerbangan yang bertanggung jawab untuk mengendalikan oksigen, tekanan, dan beberapa bagian komunikasi," sambung Larson.

"Pada saat itu rencana saya adalah mendarat dan jika (landing) gear runtuh ketika saya mendarat saya akan mengeluarkan (diri)," kata Larson. "Untungnya itu tidak terjadi dan saya bisa melakukan ke ujung landasan dan menutup di sana dan menunggu pemeliharaan," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya