Kriminal

Polda Sulsel Bekuk Dua WN Rumania Pelaku Skimming ATM di Makassar

Aisyah Isyana - 09/10/2019 12:26

Beritacenter.COM - Dua warga negara asing (WNA) Rumania dibekuk polisi usai menguras habis rekening nasabah bank di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kedua pelaku berinisial GA dan SR ini menguras isi rekening nasabah usai melakukan pembobolan ATM.

"Pelakunya kita tangkap dini hari," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani di Mapolda Sulsel, Rabu (9/10/2019).

Baca juga :

Penangkapan kedua pelaku dilakukan polisi usai pihak bank melakukan pemeriksaan secara berkala di sejumlah mesin ATM. Pihak bank yang melakukan pemeriksaan mendapati alat yang diduga untuk kejahatan skimming ATM.

"Setelah pihak bank melapor, kami langsung melakukan penyelidikan dan menangkap mereka," kata Dicky.

Dicky menyebut kedua tersangka tiba di Indonesia sejak September 2019 kemarin. Mereka melancarkan memasang alat skimming itu di mesin ATM yang berada di Jalan Hertansning dan Jalan Mappanyukki.

"Mereka ini memasang hidden kamera untuk merekam password kartu ATM nasabah serta memasang alat skimmer untuk merekam data rekening nasabah," ujar Dicky.

"Mereka juga sudah siapkan kartu ATM kosong, dibeli online di luar negeri, Malaysia, kemudian mereka sudah tahu pin nasabah. Mereka tinggal hitung saja, dengan cara ini mereka sudah kuras habis seluruh tabungan nasabah," imbuh Dicky.

Sejauh ini, polisi masih mendata kerugian yang diakibatkan para pelaku. Dicky mengimbau korban yang saldonya terkuras untuk melapor.

"Seperti yang saya sebutkan tadi di Jalan Mappanyukki dan Hertasning, jika anda menemukan transaksi mencurigakan, patut diduga anda korban, silakan melapor," ujar Dicky.

Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti sejumlah unit handphone, 3 hidden kamera, 8 unit pendorong skimmer, flash disk serta paspor milik kedua orang itu. Dua WNI Rumania itu sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Tersangka kita kenakan Pasal 46 ayat 1, 2 dan 3 UU ITE tahun 2016 dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara serta denda sampai Rp 800 juta," pungkas Dicky.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Bobol ATM Polda sulsel Skimming ATM WNA Rumania WNA Pelaku Skimming ATM

Berita Lainnya