Nasional

Bahas Komposisi Kabinet, Jokowi Akan Bertemu Ketum Parpol dan Calon Menteri

Lukman Salasi - 09/10/2019 16:05

BeritaCenter.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Ketum Parpol koalisi dan para calon menterinya. Pertemuan itu akan mambahas komposisi kabinet.

"Pembahasan beberapa kali dilakukan, termasuk nomenklatur dari kabinet tersebut. Dalam waktu dekat tentu saja Bapak Jokowi akan bertemu para ketum secara terpisah tapi juga kemudian para kandidat para calon menteri tersebut," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019) malam.

Jokowi, kata Hasto, ingin menteri yang ditunjuknya sesuai kapasitas dan siap menjalankan visi-misinya. Namun Hasto tidak membeberkan kapan tanggal pertemuan tersebut.

"Karena bagaimana pun juga presiden harus memastikan bahwa nama-nama yang diusulkan atau nama-nama yang akan dipilih oleh presiden sendiri yang berasal dari kalangan fungsional ataupun dari kepala daerah yang memiliki prestasi ataupun para tokoh-tokoh sesuai bidangnya. Semua dipastikan komitmennya dalam menjalankan visi misi presiden," ujar Hasto.

Mengenai peluang menteri dari koalisi pendukung Prabowo Subianto, Hasto menyebut Jokowi memprioritaskan kursi untuk internal koalisi. Meski demikian, kerja sama antar-parpol, baik koalisi maupun oposisi terjalin di DPR-MPR.

"Skala prioritas Pak Jokowi adalah mengedepankan terlebih dahulu para menteri terutama yang berasal dari unsur kepartaian Koalisi Indonesia Kerja. Tetapi semangat yang kami tunjukkan di DPR-MPR adalah semangat gotong royong bahwa Indonesia untuk semua," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Presiden Jokowi Calon Menteri Jokowi Komposisi Kabinet Jokowi Parpol KIK

Berita Lainnya