Nasional

Hai KPK ! Contohlah KPK Hong Kong Hebat Karena Punya Banyak Lembaga Kontrol

Lukman Salasi - 09/10/2019 19:57

BeritaCenter.COM – Independent Commission Against Corruption (ICAC) merupakan ‘KPK-nya’ Hongkong. ICAC ini banyak dijadikan role model oleh lembaga serupa di banyak negara.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahkan selalu mengagung-agungkannya dan ICAC dijadikan ‘kiblatnya’ dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Meskipun ICAC memiliki tingkat independensi yang tinggi dalam menangani setiap kasus korupsi, sadarkah KPK bahwa ICAC itu hebat karena menerapkan mekanisme check and balances yang ketat dengan memiliki banyak lembaga kontrol.

Inilah fakta penting yang harus diketahui dan tak dimiliki KPK. Artinya, ICAC hebat karena banyak lembaga yang mengontrolnya. Sedikitnya ada sembilan organisasi yang bertanggung jawab menjamin netralitas dan obyektifitas kinerja ICAC.

Sedangkan KPK sendiri hanya punya empat penasihat. Dan itu sudah merasa cukup dan hebat? Saat salah poin dalam UU KPK yang baru ada dewan pengawas, malah ditudingnya untuk melemahkan. Sungguh aneh!

Dilansir dari laman icac.org.hk, berikut lembaga-lembaga kontrol yang dimiliki ICAC:

Dewan Eksekutif

ICAC bertanggung jawab langsung kepada dewan ini yang awalnya dipimpin Gubernur Hong Kong. Komisioner ICAC selalu melaporkan setiap kebijakan umum kepada Dewan Eksekutif.

Dewan Legislatif

Lembaga ini memiliki otoritas untuk mencabut atau memberikan kekuatan kepada ICAC untuk menangani perkara. Komisioner ICAC harus menjawab setiap pertanyaan dewan soal kebijakan dan pendanaan komisi.

Penuntutan Terpisah

Setelah sebuah penyidikan dinyatakan lengkap, ICAC akan berkoordinasi dengan Secretary of Justice atau semacam Sekretaris Kehakiman. Tujuan pemisahan penuntutan untuk menjamin tidak ada kasus yang diadili semata-mata karena penghakiman ICAC.

Pengadilan Independen

Pengadilan yang independen untuk menjamin ICAC tidak bergerak ke luar jalur. ICAC diharuskan meminta persetujuan pengadilan sebelumnya untuk menggunakan wewenang tertentu, dan komisi itu harus dengan cermat mempertimbangkan komentar dari pengadilan dan melakukan tinjauan prosedur operasional untuk menghindari penyalahgunaan kekuasaan.

Media

ICAC tunduk pada pengawasan publik tertutup melalui media massa.

Komite Penasihat

Ada empat komite penasihat yang terdiri dari tokoh terkemuka yang ditunjuk eksekutif (dahulu Gubernur Hong Kong) dan diketuai warga sipil untuk mengawasi pekerjaan ICAC.

Komite Keluhan ICAC

Komite ini memantau dan meninjau semua keluhan non-pidana terhadap ICAC atau stafnya. Komite tersebut terdiri dari anggota Dewan Legislatif dan tokoh masyarakat terkemuka yang ditunjuk pimpinan eksekutif.

Pemantau Internal

ICAC menuntut standar integritas yang tinggi dari stafnya. Unit investigasi dan pemantauan internal, L Group, misalnya bertanggung jawab menyelidiki pelanggaran disiplin staf, dugaan korupsi terhadap staf ICAC dan pengaduan non-pidana terhadap ICAC atau stafnya.

TAG TERKAIT :
KPK Berita Center ICAC KPK Hongkong Lembaga Kontrol

Berita Lainnya