Internasional

Sekelompok Penyerbu Sinagoge Jerman Umbar Slogan Neo-Nazi

Indah Pratiwi - 10/10/2019 12:13

Beritacenter.COM - Sekelompok pria bersenjata mencoba menyerbu sebuah sinagoge di kota Halle, Jerman. Pria kelompok bersenjata itu mengumbar pernyataan anti-Semit dan slogan neo-Nazi dan mereka menembak mati 2 orang.

Serangan terjadi pada Rabu(9/10/2019) dimana tepat peringatan Yom Kippur. Selain dua orang ditembak mati, dua orang lainnya mengalami cedera serius yang langsung dilarikan ke rumah sakit.

Para kelompok pria itu berhasil diamankan dan para tersangka lainnya masih diburu. Para saksi mata mengatakan orang-orang bersenjata mencoba memasuki sebuah sinagoge ketika lusinan orang Yahudi memperingati Yom Kippur.

Dilansir BBC, kepolisian Jerman mengatakan seorang wanita terbunuh di dekat sinagoge, dan satu lagi seorang pria terbunuh di sebuah toko kebab Turki.

"Kami memiliki dua orang yang terluka parah dengan luka tembak," kata Jens Mueller, juru bicara klinik Universitas Halle, kepada AFP, Kamis (10/10/2019). "Mereka dalam operasi."

Komunitas Yahudi di Halle, Max Privorotzki mengatakan kepada Spiegel Online bahwa para pelaku berusaha memasuki sinagoge di distrik Paulus, tetapi langkah-langkah keamanan yang dilakukan membantu menahan serangan tersebut.

“Indikasi awal menunjukkan bahwa dua orang terbunuh di Halle. Beberapa tembakan dilepaskan," kata polisi setempat di Twitter, yang mendesak warga setempat untuk tetap tinggal di dalam rumah.

"Para pelaku melarikan diri dengan mobil," lanjut polisi, yang menambahkan bahwa seorang tersangka telah ditangkap.

"Ini adalah berita buruk dari Halle dan saya sangat berharap bahwa polisi akan berhasil menangkap pelaku atau pelaku secepat mungkin sehingga tidak ada orang lain yang berada dalam bahaya," kata juru bicara Kanselir Angela Merkel, Steffen Seibert, pada konferensi pers.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya