Opini

Mengapa Istri Prajurit Harus Jaga Ibu Jari?

Indah Pratiwi Budi - 12/10/2019 11:10

Banyak yang berkomentar miring terkait pencopotan seorang pejabat instansi militer akibat kelakuan istrinya yang di luar batas melalui akun medsosnya. Kebanyakan mempertanyakan di mana letaknya kebebasan berpendapat lalu dikaitkan dengan rezim diktator.

Ini bukan soal rezim. Instansi militer punya aturan sendiri.

Setiap prajurit TNI terikat sangat erat dengan kode etik tentara yang diatur dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Tentara memiliki Undang-Undang sendiri yang mengatur semua hal terkait secara khusus yang jelas berbeda dengan sipil. Tidak ada demokrasi dalam militer, tidak ada kata demokratis dalam militer. Doktrinnya adalah kepatuhan terhadap atasan dan kedinasan. Melawan perintah atasan ada pasalnya tersendiri. Melakukan perbuatan yang tidak pantas pun demikian.

"Tapi ini yang melakukan kan istrinya, warga sipil?" Ya, Kamu benar. Tapi kata "istri" dan "tentara" jangan dipisah. Dia itu istri tentara. Istri tentara memiliki kedudukan mengikuti jenjang suaminya. Perannya sangat besar, maka istri tentara pun memiliki organisasi tersendiri seperti Persit AD, Ardhya Garini AU dan Jalasenastri AL.

Apalagi istri seorang pejabat kesatuan seperti komandan, dalam organisasinya dia pun memiliki kedudukan yang paralel dengan suaminya. Misal, seorang Komandan Kodim, maka istrinya adalah seorang Ketua Cabang Persit Kodim tersebut. Seorang perwira (dan istrinya) harus menjadi panutan bagi para bawahannya. Mau tidak mau, suka tidak suka, memang seperti itu.

Soal pencopotan dan penahanan, yang bersangkutan itu melanggar Hukum Disiplin Militer, bukan Pidana. Tapi terhadap istrinya yang merupakan warga sipil, KSAD merekomendasikan untuk diteruskan proses sesuai hukum pidana.

Sumber : Status Facebook Bayu Haryobimo

TAG TERKAIT :
Wiranto Menko Polhukam Wiranto Wiranto Ditusuk Wiranto Ditusuk di Pandeglang Penusukan Wiranto Menko Polhukam Wiranto Ditusuk

Berita Lainnya

Anies Dan Ahok

Opini 05/11/2019 11:04

Nangka Aibon

Opini 01/11/2019 20:11