Internasional

Penyerangan Kelompok Bersenjata di Masjid Burkina Foso Tewaskan 16 Orang

Aisyah Isyana - 13/10/2019 06:26

Beritacenter.COM - Aksi penyerangan di sebuah masjid di Bukina Faso mengakibatkan 16 orang tewas. Tak hanya belasan orang tewas, dua diantaranya mengalami luka serius akibat penyerangan tersebut.

Sebagaiaman laporan AFP, Sabtu (12/10/2019), serangan penembakan itu terjadi di sebuah Masjid Agung di Salmossi, Jum'at (11/10) malam. Insiden penyerangan itu mengakibat 13 orang tewas ditempat, semetara tiga lainnya meninggal setelah mendapat perawatan akibat luka parah yang didapat.

Baca juga:

Peristiwa penyerangan di masjid itu membuat penduduk Salmossi langsung mengugsi dan meninggalkan rumah-rumah mereka. Aksi penyerangan kelompok bersenjata yang diduga berkaitan dengan ISIS dan Al-Qaeda ini diketahui melintas ke Burkina Faso tahun ini, dari Mali yang lokasinya berdekatan.

Awalnya, 2015 lalu negara Mali dan Niger yang merupakan tetangga disebelah utara, masih terhindar dari serangan. Kelompok teroris ini diketahui menyusup ke utara dan timur, hingga kemudian mulai membahayakan perbatasan selatan dan barat.

Berbagai penyerangan seperti taktik gerilya tabrak lari dengan ranjau darat dan aksi bom bunuh diri, disebut AFP sedikitnya telah menewaskan hampir 600 orang. Menurut, kelompok masyarakat sipil yang melakukan perhitungan menyebut ada 1.000 orang tewas.

Teror kelompok teroris itu membuat 300.000 orang meninggalkan rumah dan hampir 3.000 sekolah ditutup. Penyerangan ini juga berdampak pada perekonomian pedesaan yang sangat besar dan terus meningkat hingga mengganggu perdagangan dan pasar.

TAG TERKAIT :
ISIS Teroris Terorisme Penembakan Bukina Faso Afrika Barat

Berita Lainnya