Nasional

Banyak ASN Tidak Suka Pancasila, Begini Tanggapan BPIP...

Baharuddin Kamal - 16/10/2019 15:30

BeritaCenter.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono, menjelaskan bahwa banyak aparatur sipil negara (ASN) tidak menyukai Pancasila. Namun ia tidak menyebut jumlah ASN yang dimaksud.

"Berdasarkan hasil riset beberapa lembaga itu kan temen-temen di ASN itu banyak yang tidak suka dengan Pancasila," kata Hariyono di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Hariyono mengatakan, kondisi demikian adalah tantangan, karena pendidikan pancasila sejak 1998 hingga 2016 cukup memprihatinkan lantaran tidak wajib diajarkan di pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

"Ini kan tantangan. Demikian pula pengarusutamaan Pancasila di lingkungan publik termasuk di pemerintahan itu juga relatif kurang," imbuhnya.

Hariyono menegegaskan, kejadian ASN tidak menyukai Pancasila terdengar sangat lucu. Dia juga mengatakan, seharusnya sebagai abdi Negara mereka memegang teguh Ideologi bangsa.

"Kan lucu kalau sebagai aparatur negara kemudian dia sendiri tidak setuju dengan Pancasila karena Pancasila sebagai sebuah dasar negara itu sudah final tapi kalau Pancasila sebagai sebuah cita-cita bangsa itu belum final. Makanya kita perjuangkan bersama-sama," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Aparatur Sipil Negara BPIP

Berita Lainnya