Internasional

Militer Filipina Selamatkan Guru Wanita Yang Diculik ISIS

Indah Pratiwi - 16/10/2019 22:08

Beritacenter.COM - Seorang guru diculik sekelompok yang diduga jaringan ISIS setelah 20 hari ditahan kelompok tersebut. Pasukan keamanan Filipina pun berhasil menyelamatkan seorang guru perempuan di Filipina selatan itu.

Seperti dikutip dari Xinhua, penyelematan itu dilakukan sekitar pukul 6 pagi waktu setempat pada hari Rabu (16/10/2019). Dalam operasi itu militer Filipina juga menangkap dua tersangka wanita di Jolo, sebuah kota di provinsi Sulu Filipina selatan.

Korban bernama Rose Singua (58). Ia adalah seorang guru sekolah dasar yang berbasis di Kota Zamboanga dan diculik pada 27 September ketika ia menuju ke sebuah pernikahan di Kota Dipolog di provinsi Zamboanga del Norte.

Para penculik membawa Singua ke Jolo dan dilaporkan menuntut uang tebusan untuk pembebasannya. Militer dan polisi yang melakukan operasi melakukan penjebakan dengan mengirim anak perempuan korban ke sebuah hotel Jolo di mana pembayaran tebusan akan dilakukan.

Letnan Jenderal Cirilito Sobejana yang merupakan komandan Komando Mindanao Barat militer menyebutkan, pasukan keamanan sekarang melacak para penculik lain yang masih buron.

Kepolisian Filipina dan otoritas militer juga melancarkan operasi untuk menyelamatkan seorang warga negara Inggris berusia 70 tahun bersama istri yang diculik di provinsi Zamboanga del Sur di Filipina selatan.

Pria-pria bersenjata yang diduga militan ISIS itu tidak dikenal menculik pasangan itu sekitar pukul 6:50 malam waktu setempat pada 4 Oktober di resor pantai mereka di Alindahaw, sebuah desa di kota Tukuran di Zamboanga del Sur, Filipina Selatan.

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya