News

GOKIL...! JOKOWI Kumpulkan Seluruh Ilmuan Asal Indonesia, Untuk Lakukan Hal Ini...

Indah Pratiwi Budi - 27/11/2019 15:12

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah telah membangun rumah besar penelitian yang diberi nama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal itu dikatakan Jokowi saat bertemu para ilmuwan dan peneliti Indonesia di Busan, Korea Selatan, Senin (25/11/2019).

“Ini baru awal karena memang mimpi kita semua yang namanya balai penelitian lembaga-lembaga penelitian kita, semuanya masuk ke dalam rumah besar itu,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan anggaran untuk penelitian, yang jumlahnya mecapai Rp 26 triliun. Jokowi menilai anggaran tersebut sudah besar, meski jumlahnya tak sebesar pemerintah Korea Selatan.

“Kalau menurut saya sudah (besar), walaupun belum segede yang tadi disampaikan. Tetapi kalau yang Rp 26 triliun ini sudah benar, jalannya sudah benar, hasilnya juga ada, yang saya tagih itu hasilnya. Mana yang Rp 26 triliun hasilnya, saya gitukan,” jelasnya.

Jokowi menuturkan bahwa dalam lima tahun terakhir, fokus pemerintah adalah pembangunan infrastrukrtur. Namun, lima tahun ke depan, Jokowi akan mengedepankan sumber daya manusia serta riset dan inovasi.

Untuk itu, dia mengaku akan membuat konsep ibu kota baru Indonesia dengan sistem klaster. Bukan hanya klaster pemerintahan, Jokowi ingin ibu kota baru di Kalimantan Timur juga memiliki universitas paling terkemuka di dunia.

“Tapi juga ada klaster besar yang berkaitan dengan riset dan inovasi gede banget. Saya enggak tau perisetnya nanti ada berapa puluh ribu, tapi saya ingin gede banget,” tegas dia.

TAG TERKAIT :
Jokowi Joko Widodo Presiden Joko Widodo Jokowi Bertemu Ilmuan

Berita Lainnya