Internasional

AWAS, Basis ISIS Ingin Pindah ke Negara Asia Tenggara

Indah Pratiwi - 27/11/2019 16:21
Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi
FOKUS : Terorisme

Beritacenter.COM - Pemerintah Malaysia mengkhawatirkan kelompok militan ISIS yang sewaktu-waktu bisa mengalihkan basis operasinya ke negara-negara Asia Tenggara usai kematian pemimpin Abu Bakar al-Baghdadi.

"Kami meyakini bahwa kematian Baghdadi akan membuka babak lain dalam operasi teror ISIS. Setelah kehilangan banyak wilayah di Suriah dan Irak, ISIS juga mencari basis baru," kata Menteri Dalam Negeri Malaysia, Muhyiddin, seperti dilansir Straits Times, Rabu(27/11/2019).

Saat ini, kata dia, Malaysia melalui kepolisian telah menggagalkan 25 serangan yang direncanakan oleh ISIS di negara itu. Dari sekian operasi ISIS, ada 512 orang diduga memiliki hubungan dengan ISIS berhasil ditangkap.

Sejak 2016, Malaysia berada dalam siaga tinggi untuk mengantisipasi orang-orang bersenjata berafiliasi ISIS masuk ke wilayah Malaysia.

Namun, Malaysia mengakui pernah kecolongan saat serangan granat di sebuah bar pinggiran Kuala Lumpur pada Juni 2016 dimana ledakan itu membuat 8 orang terluka dan diklaim pihak ISIS bertanggungjawab atas serangan tersebut.

 

TAG TERKAIT :
ISIS Berita Kriminal Indonesia Berita Center

Berita Lainnya